https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing 10 BISNIS YANG COCOK UNTUK MAHASISWA ATAU KARYAWAN, MODALNYA KECIL TAPI MENJANJIKA KEUNTUNGAN BESAR ! - PARETO HIDUP

10 BISNIS YANG COCOK UNTUK MAHASISWA ATAU KARYAWAN, MODALNYA KECIL TAPI MENJANJIKA KEUNTUNGAN BESAR !


@ZaenalBook



Masa mahasiswa adalah masa dimana tahap hidup menuju pendewasaan. Apalagi buat kalian yang kuliah merantau atau jauh dari kedua orang tua maupun keluarga dirumah. Bahkan beberapa orang mengatakan masa ini adalah masa dimana kalian ditempa apakah mampu melewati hidup mandiri atau justru sebaliknya.

Berdasarkan kondisi diatas ada 1 hal yang menjadi sorotan atau point pokok yang akan kita bahas. Point tersebut adalah “Mandiri”, mandiri disini tentu memiliki arti yang luas. Namun kalian pasti sepakat bahwa salah satu faktor dikatakan mandiri yaitu ketika kalian mampu menghidupi minimal diri sendiri. Kemudian ketika berbicara mampu menghidupi diri sendiri tentu berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan hidup, baik kebutuhan primer maupun sekunder.
Pemenuhan kebutuhan hidup tentu beragam bentuknya. Namun bagi kita tentu sepakat bahwa pentingnya pendapatan guna pemenuhan kebutuhan tersebut menjadi faktor penting untuk menghidupi diri sendiri dan keluarga. Kemudian bagi kalangan mahasiswa hal ini tentu menjadi salah satu faktor dilema, dimana ketika fokus mencari pemenuhan kebutuhan hidup atau meningkatkan pendapatan dan tidak tergantung ke orang tua namun waktu yang dimiliki cukup singkat dan padat merayap.

Oleh karena itu, tulisan ini akan memberikan wawasan dan rekomendasi usaha atau bisnis yang cocok untuk kalangan mahasiswa atu karyawan yang waktunya sudah terbatas. Bisnis-bisnis ini memiliki keuntungan yang relatif besar dan pengelolaan waktu yang mampu dikelola dengan waktu yang sedikit fleksibel.

Adapun usaha-usaha rekomendasi mahasiswa maupun karyawan yang memiliki waktu terbatas yaitu :

Online Shop


Usaha ini diproyeksikan akan terus tumbuh pesat dalam kurun waktu 10thn kedepan akan terus bertumbuh. Hal ini dikarenakan pergerakan dunia digital dan perilaku konsumen yang semakin mengarah ke belanja online. Bagaimana caranya buat usaha ini jika kita mahasiswa atau karyawan yang waktunya terbatas?
Pertama, carilah pedagang yang dapat diajak kerjasama atau intinya kamu beli produk kedia. Modal kalian adalah foto produk yang bagus dan onlinekan di sosmed maupun web. Produk yang dapat kamu pilih bermacam-macam, ada yang dari kategori fashion seperti pakaian, sepatu, tas dll. Kemudian dari jenis lain seperti kerajinan, makanan, maupun produk teknologi seperti kabel data, mouse, keyboard dan masih banyak lagi jenis usaha lainnya yang dapat dijalankan via online.

Bisnis Les Private


Yakin deh usaha ini kalo ditekuni memiliki keuntungan yang luar biasa besarnya. Pasalnya usaha ini yang diperlukan adalah skill dan pengetahuan. Jika kamu mampu mengajar atau mampu mengkordinir orang maka cocok sekali usaha jasa les privat. Tidak usah muluk-muluk awal memiliki siswa SD 5 anak saja dengan tarif misal perjamnya 20rb sehari kamu sudah mengantongi 100rb. Apalagi jika kamu memiliki tim pengajar dengan jumlah banyak dan terstruktur tentu kamu dapat mengantongi untung yang jauh lebih banyak.

BACA JUGA : 7 CARA BISNIS ONLINE LARIS DI FACEBOOK DENGAN LABA MAKSIMAL MELALUI FITRU-FITUR CANGGIH FACEBOOK ! 

Bisnis Jasa Pembuatan Website


Kunci sukses dari bisnis ini yang paling mendasar adalah Memberikan pelayanan yang on time dan sesuai permintaan. Kemudian didukung dengan sistem pemasaran yang efektif,meluas dan cepat. Modal bisnis ini adalah laptop dan skill dalam mengcoding dan pemahaman tentang internet. Hasilnya pun tidak tanggung-tanggung umum rata-rata 1 web dijual dengan harga diatas 1jt, ditambah dengan sistem maintance setiap bulannya. Artinya kamu akan mendapatkan pendapatan dari biaya perawatan website.

Bisnis Jasa Penerjemah Bahasa


Modal materi bisnis ini dapat dikatakan minim, tetapi harus ditopang dengan kemampuan bilingual (mengerti lebih dari satu bahasa), dilengkapi dengan komputer dan koneksi internet. Kemudian yang harus kamu perhatikan adalah deadline atau ketepatan waktu penyelesaian. Kemudian dari sisi ketepatan arti bahasa juga menjadi nyawa utama bisnis ini. Untuk awal promosikan saja kepada orang-orang disekitar anda dan dukung pula dengan promosi secara online.

Bisnis Jasa Penyedia Informasi Buku


Bayangkan saja dalam 1 matakuliah atau mata pelajaran tentu diperlukan alat bantu buku penunjang materi. Dikalangan perkuliahan terkadang buku yang diminta dosen belum tentu ada atau dapat dikatakan informasinya terbatas. Artinya ini menjadi peluang bisnis, buatlah sistem yang menindex koleksi buku di toko buku. Atau kamu bisa kerjasama dengan beberapa bookstore, sistem kerjanya seperti traveloka atau trivago, tidak memiliki hotel tetapi hanya menyediakan informasi dan sistem pembayarannya saja.

Bisnis Jasa Desain Grafis


Kunci bisnis ini agar berjalan sukses adalah tekun dan kreatif serta didukung denga pemasaran online yang efektif. Modal yang dibutuhkan pun sedikit, laptop, ide, dan koneksi internet. Latihlah skill desain setiap saat agar menghasilkan ide-ide dan pola desain yang berkualitas.

BACA JUGA : 18+ JENIS USAHA JASA DENGAN KEUNTUNGAN BESAR NO 9 SAMPAI 14 DAN 17, 18 TANPA MODAL PUN BISA ! 

Bisnis Jasa Fotografi


Tips memulai bisnis ini adalah foto temanmu sendiri atau orang disekitar kamu dan buat portofolio yang keren. Baik diinternet maupun offline, promosikan secara online dan orang-orang disekitar kamu. Jika terkendala modal peralatan yang mahal, maka solusinya adalah sewa.

Youtuber


Sudah tidak diragukan lagi penghasilan youtuber, ber ber ber duitlah. Maka jika kamu ingin berkreasi di bidang ini bangunlah sifat kreatif dan konsisten. Kerja keras meski awal terasa berat seolah tidak ada hasil akan tetapi jalani secara konsisten dan berkualitas. Maka adsense kamu akan cepat menjadi mesin penghasil uang.

Blogger


Tidak jauh dengan Youtuber blogger pun memiliki penghasilan yang luar biasa. Tipsnya adalah jalani secara konsisten ketika mengupload. Gunakan artikel Original.

Bisnis Jasa Pengiriman


Kalo kamu punya modal sekitar 10-25jt usaha jasa pengiriman cocok untuk dijadikan pilihan alternatif bisnis kamu. Mengapa demikian? Bisnis ini tentu sudah memiliki sistem baik software maupun sistem tata kerja. Tugas kita hanya menyediakan tempat dan SDM saja. Contoh usaha ini adalah bermitra dengan JNE, POS, Tiki, J&T, Wahana dll.

Demikian 10 Jenis Usaha yang Cocok untuk Usaha Mahasiswa maupun Karyawan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share.

Oleh : Zaenal Mustopa S.E

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel