https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing 5 CARA MUDAH MENABUNG SAHAM - PARETO HIDUP

5 CARA MUDAH MENABUNG SAHAM


ZaenalBook : 5 Cara Mudah Menabung Saham

Kebanyakan orang ketika membahas kata saham tentu yang terbayang biasanya adalah ribet, ga ngerti, hanya untuk anak-anak ekonomi atau bahkan yang lebih parah ketika berbicara saham maka yang terbayang adalah bodong. Hal itu dianalogikan dengan banyaknya kasus investasi bodong. Padahal nabung saham ini membawa manfaat banyak pagi pelaku dan ekonomi suatu negara atau daerah. Logika dasar saham kurang lebih seperti contoh berikut :

“Teman anda ingin membuka usaha penginapan ditempat wisata, namun dia mengalami masalah kekurangan dana untuk membeli lahan. Dia mencari dana dengan perjanjian kepemilikan modal dengan menerbitkan saham. Anda dan rekan-rekan kebetulan memiliki modal dan berniat membantu, maka Anda memberikan uang kepada teman Anda tersebut untuk mengembangkan usaha penginapan. Tentunya dengan syarat-syarat tertentu dan bagi hasil sesuai kesepakatan dan nilai dari perkembangan usaha.”

Bagaimana logika singkat mengenai saham? Sudah jelaskan? Selanjutnya untuk lebih dalam atau lebih riil lagi mari kita bahas mengenai cara menabung saham mari kita bahas mengenai tatacaranya terlebih dahulu. Bagaimana sih caranya menabung saham? Mengapa hal ini terlebih dahulu yang dibahas? Tentu tujuannya agar dapat langsung eksekusi tentang nabung saham. Minimal membuka dulu rekeningnya, selanjutnya baru belajar lebih mendalam mengenai saham dan segala aktivitas didalamnya dan strategi yang ada didalamnya.
Adapun 5 Cara Mudah Menabung Saham adalah sebagai berikut :

  • Buka Rekening di Perusahaan Sekuritas
Apa ini? Rekening sekuritas ini maksudnya rekening yang menampung uang atau saldo kita. Rekening ini terpisah dari rekening tabungan, melainkan khusus pada perdagangan sekuritas artinya uangnya pun akan terpisah dari rekening yang ada ditabungan. Bila bingung searching saja perusahaan sekuritas dikota Anda tinggal dan Pastikan terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) untuk menjamin keamanannya.

BACA : PANDUAN TEKNIS CARA MEMBUAT REKENING SEKURITAS BIAR BISA NABUNG SAHAM !

Pada tahap ini juga kita akan diarahkan mengenai pelaksanaan teknis pembelian saham. Seperti download software Online perdagangan saham, cara pengoperasional pembelian saham, akun dan lain sebagainya.
  • Sisihkan Nominal Dana Untuk Membeli Saham.
Kemudian setelah membuka rekening sekuritas langkah selanjutnya adalah mengisi saldonya dengan sejumlah uang tertentu sesuai keinginan. Tujuannya apa? Tujuannya adalah untuk proses awal kita melakukan pembelian saham-saham tertentu yang akan dijadikan alternatif pilihan investasi.
  • Tentukan Saham Apa yang akan dibeli
Pada tahap ini kita harus memilih saham mana yang akan dibeli. Untuk proses ini tentu diperlukan teknik-teknik  dan pengetahuan khusus untuk menganalisa saham mana yang bagus untuk dijadikan alternatif pilihan investasi saham. Akan tetapi jangan kuatir dan bingung, jika belum mememahami teknik dan pengetahuan analisa cukup pilih saja saham saham yang tergolong “Blue Chip” atau saham saham Top.
  • Setor Dana Secara Rutin ke Rekening Sekuritas
Artinya pada tahap ini kita diharuskan melakukan setor untuk menambah saldo. Bahasa gampangnya menyisihkan uang untuk ditabung dalam bentuk saldo rekening sekuritas yang nantinya digunakan untuk membeli saham. Ingat semakin banyak melakukan investasi tentu akan mendapatkan hasil deviden/hasil yang lebih banyak pula. Pastikan Jangan Berinvestasi Dalam Satu Saham, pilihlah alternatif-alternatif pilihan saham lainnya.
  • Beli Saham Secara Rutin pada setiap Periodenya
Mengapa harus pada setiap periodenya? Hal ini dikarenakan pada setiap periode tertentu kita akan mendapati alternatif-alternatif saham lain yang memiliki potensi bagus dimasa mendatang. Misalkan Saham Perusahaan A, dengan jenis core utama bisnis Teknologi dan Logistik. Dikarenakan analisa perkiraan dimasa mendatang pertumbuhan bisnis online atau ekonomi digital menjanjikan, maka potensi pada saham ini lebih besar untuk mendapatkan nilai keuntungan/deviden yang tinggi.

Kemudian Apabila 5 langkah tersebut sudah dilakukan. Maka perbaikan Masa depan Anda sudah dilakukan sejak sekarang.

Demikian 5 Cara Mudah Menabung saham. Mari berdikari di Negeri Sendiri dengan membeli saham guna pembangunan kemandirian ekonomi Bangsa. Jangan sampai aset-aset atau sumber daya penting dimiliki oleh asing. “

Jangan Komen dibawah dan Share via Whatsapp, facebook atau media lainnya jika ini bermanfaat. Budayakan Tidak Mengcopy Paste Tulisan tanpa seizin penulis. 

Penulis : Zaenal Mustopa S.E

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel