https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing PAHAMI DULU APA ITU PENJUALAN? BARU BICARA PENINGKATAN ! - PARETO HIDUP

PAHAMI DULU APA ITU PENJUALAN? BARU BICARA PENINGKATAN !

zaenalbook : Pemahaman dan Jenis Penjualan (sumber gambar : tddata)



Apa sih penjualan itu?

Tau kah kamu, bahwa penjualan itu adalah salah satu fungsi pemasaran yang menentukan dalam dalam usaha mencapai tujuan perusahaan. Dan tentunya sebelum saya sharing tentang penjualan, terlebih akan saya kutip beberapa pengertian dari penjualan itu sendiri. Kutipan ini diambil dari beberapa pakar marketing dunia yang terkenal.

Penjualan menurut Philip Kotler, bahwa penjualan sebagai suatu kegiatan yang ditujukan untuk mencari pembeli, mempengaruhi, dan memberikan petunjuk agar pembeli dapat menyesuaikan kebutuhannya dengan produk yang ditawarkan serta mengadakan perjanjian mengenai harga yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Zimmerer menyatakan penjualan adalah sumber utama aliran kas yang masuk ke dalam perusahaan.

Jill Griffin menyebutkan bahwa penjualan merupakan awal hubungan seumur hidup dengan pelanggan.

Saya tidak akan menyimpulkan pendapat pakar diatas seperti pada umumnya, sebab setiap pemikiran pakar diatas tentu memiliki sudut pandang masing-masing akan penjualan. Sudut pandang dan pemikiran mereka tentu dipengaruhi oleh banyak hal, seperti pengalaman, lingkungan dan perbendaharaan kata/ilmu/wawasan dan mindset diri.

Penjualan merupakan salah satu bagian kecil dari ilmu ekonomi maupun bisnis. Artinya seperti yang kita ketahui bersama bahwa cabang ilmu ini merupakan ilmu sosial. Sedangkan ilmu sosial adalah salah satu ilmu yang menyatakan suatu kebenaran tidaklah mutlak. Akan sangat banyak sekali persepsi dan pandangan terhadap suatu hal, termasuk pengertian dan pemahaman penjualan.

Hal yang ingin saya utarakan disini bahwasannya kita tidak boleh skeptis, intinya dari pemahaman penjualan ini adalah kita dapat memahami dan menjalankannya. Teori ini adalah bahan ajar atas hasil dari  pengetahuan, pengalaman, dan kisah orang-orang terdahulu tentang penjualan. Pastikan beberapa teori tentang penjualan yang akan dijelaskan disesuaikan dengan kondisi riil yang dihadapi dan di cita-citakan.

Agar kita mampu memiliki sistem penjualan yang baik dan kuat, tentunya kita harus memahami betul apa itu penjualan dan seperti apa penjualan itu. Kemudian untuk pemahaman atas pengertian penjualan sudah disampaikan diatas. Adapun penjelasan lebih mendalam tentang penjualan yang ingin disampaikan adalah tentang jenis-jenis penjualan itu sendiri.
Berikut dibawah ini jenis-jenis penjualan yang perlu dipahami dan dijadikan acuan dalam menentukan arah kebijakan penjualan perusahaan kamu :

  • Penjualan Perdagangan (trade selling) secara teori penjualan perdagangan ini adalah penjualan yang terjadi bilamana produsen dan pedagang besar mempersilahkan pengecer untuk berusaha memperbaiki distribusi produk mereka. Artinya sudah pasti dalam penjualan ini memerlukan adanya keterlibatan para penyalur dengan kegiatan promosi, peragaan, persediaan, dan produk baru. Intinya adalah para penjual melalui penyalur, bukan pada penjualan pembeli akhir. Fokus pencapaian pada penjualan ini adalah pada volume penjualan . Contohnya adalah penjualan dari pabrikan makanan yang menjual produknya kepada industri bahan pangan.


  • Penjualan Misionaris (missionaru selling) bahwa penjualan berusaha ditingkatkan dengan mendorong pembeli untuk membeli barang dari penyalur perusahaan. Para penjual misionaris menjual untuk para pelanggan langsungnya. Contoh, Industri Farmasi. Penjual mempresentasikan produk kepada dokter untuk kemudian direkomendasikan kepada para pasiennya.

  • Technical Selling. Penjualan ini mungkin sering kita jumpai disekitar kita dan dikehidupan sehari-hari kita. Pada penjualan ini penjual berusaha keras meningkatkan penjualannya dengan cara memberikan saran dan nasihat kepada pembeli akhir dari barang dan jasa. Para penjual teknis yang baik harus mengenal lini produk perusahaan dan mampu menyampaikan fitur-fitur khusus kepada calon pembeli. Contoh konkretnya adalah industri mesin, komputer, dan jasa-jasa canggih lainnya.


  • New-Bussiness Selling. Penjualan jenis ini cukup unik dan beberapa dari kita tentu sering menjumpai. Penjual berusaha membuka transaksi baru dengan membuat calon pembeli menjadi pembeli. Jenis penjualan ini lazimnya dilakukan untuk produk-produk seperti peralatan khusus misal pemrosesan data, mesin fotocopy, mesin finger, dll. Artinya para penjual new bussiness secara continue  harus mengunjungi account-account baru. Fokus pada penjualan jenis ini selain pada kualitas produk juga pada pelayanan pasca order.


  • Penjual Eceran. Simpelnya inti dari penjualan jenis ini bahwa pelangganlah yang datang kepada penjual. Contohnya adalah minimarket, supermarket, atau swalayan-swalayan lainnya. Kelengkapan, kenyamanan, dan harga adalah titik point penting pada penjualan ini.


  • Telemarketing. Pada penjualan jenis ini penjual menghubungi pelanggan melalui media seperti telpon, internet dan alat lainnya yang sejenis. Untuk melakukan jenis kegiatan penjualan yang sama seperti para penjual yang bertemu dengan pelanggannya seperti di dunia nyata. Model penjualan ini sekarang sedang ramai-ramainya diminati oleh para pelaku usaha dan konsumen. Tujuan dari telemarketing ini adalah mendapatkan pelanggan baru, memenuhi petunjuk-petunjuk periklanan, melayani bisnis yang sudah ada.

Demikian sedikit sharing pengetahuan maupun pengalaman tentang penjualan. Silahkan share jika bermanfaat.

Pastikan bahwa kamu memahami lebih masuk ke jenis manakah bisnis yang kamu jalani. Pastikan penentuan strategi dan kebijakannya adalah sesuai dengan kondisi riil pasar dan yang dicita-citakan.

Oleh : Zaenal Mustopa S.E

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel