https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing 5 HAL PENTING DALAM PENGELOLAAN SISTEM PERGUDANGAN ! - PARETO HIDUP

5 HAL PENTING DALAM PENGELOLAAN SISTEM PERGUDANGAN !

Zaenal Book : Pergudangan


Pada sebuah bisnis pasti khususnya bisnis manufaktur maupun e-commerce pasti berkaitan dengan bahan baku maupun sistem pendistribusian barang. Kemudian jika dipahami lebih jauh lagi bahan baku dan distribusi barang pasti sangat erat kaitannya dengan sistem pergudangan. Pada sistem pergudangan inilah salah satu titik penting suksesnya sektor bisnis tersebut. Setelah beberapa waktu lalu menulis tentang 7 MASALAH POKOK DALAMPENGADAAN BAHAN BAKU DAN PERGUDANGAN BESERTA SOLUSINYA ! kali ini saya akan menulis tentang fungsi dari sistem pergudangan yang baik. Bagaimana nantinya strategi sistem pergudangan dibuat agar sesuai dengan yang kita kehendaki. Berikut dibawah ini adalah 5 hal penting dalam sistem pergudangan :

Menerima

Hal pertama yang menjadi tangggung jawab gudang adalah melakukan penerimaan. Penerimaan ini meliputi penanganan bongkar muatan serta pengelompokan barang. Pada proses ini hal mendasar yang harus diperhatikan bahwa barang yang diterima harus benar-benar sesuai dan dalam kondisi baik. Sesuai disini adalah sesuai dengan invoice atau daftar order barang baik secara Kuantitas atau jumlah. Kemudian untuk kondisi baik disini yang dimaksud bahwa barang yang diterima harus memiliki kualitas sesuai dengan standar.

Menyimpan

Fungsi utama gudang secara umum memang adalah untuk menyimpan. Selanjutnya  pertanyaannya adalah bagaimana sebenarnya penyimpanan gudang yang baik? Berikut dibawah ini hal-hal penting tentang penyimpanan yang dapat menjawab pertanyaan tersebut :
1.       Fungsional
Artinya penyimpanan didasarakan pada fungsi produk tersebut, jenis produk tersebut, dan karakteristik produk tersebut. Artinya pada metode ini difokuskan pada detail produk. Contoh menyimpan produk/bahan baku cair maka disimpan dibagian depan, tujuannya agar lebih efisien dalam pengambilan.
2.       Frekuensi
Artinya penyimpanan didasarkan pada perpindahan atau frekuensi keluar masuknya barang.

Menjaga

Pada konteks ini fungsi dari gudang sendiri berkedudukan menjaga barang atau produk. Menjaga disini meliputi kuantitas atau jumlah barang itu sendiri dan kualitas terkait dengan kondisi standar barang atau produk.

Mengeluarkan

Fungsi mengeluarkan dalam sistem pergudangan merupakan salah satu upaya kontrol terhadap manajemen gudang. Pastikan barang yang berada didalam gudang adalah barang yang sesuai dengan proyeksi kebutuhan dan penjualan. Kemudian pastikan barang yang keluar adalah barang yang sudah jelas dipesan atau didistribusikan. Hindari kesalahan pada setiap lini pada proses pengeluaran barang. Misalnya salah qty, perlakuan kasar saat pemindahan barang ke ekspedisi sehingga produk rusak dan lain sebagainya.

Mencatat

Seperti yang kita ketahui bersama sistem pencatatan ada beberapa metode. Seperti metode FIFO ( First In First Out) artinya barang yang pertama kali datang maka barang tersebutlah yang pertama kali keluar. Kemudian ada juga LIFO (Last In First Out) barang datang terakhir maka barang tersebutlah yang pertama kali keluar. Namun dari beberapa metode tersebut intinya adalah memastikan bahwa jumlah barang yang ada pada catatan atau sistem sama dengan jumlah riil barang yang ada di Gudang. Metode tersebut hanyalah alat bantu untuk mempermudah pencatatan. Pilihlah metode yang sesuai dengan kondisi usaha Anda.


Demikian artikel tentang bagaimana sebenarnya fungsi gudang dan sistem pergudangan. Semoga bermanfaat, silahkan share jika ini bermanfaat.

Oleh : Zaenal Mustopa S.E

Baca Juga : 4 CARA MENENTUKAN HARGA JUAL YANG BENAR

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel