https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing 8 CARA MUDAH NABUNG ATAU INVESTASI SAHAM, RESMI AMAN DAN MENGUNTUNGKAN ! - PARETO HIDUP

8 CARA MUDAH NABUNG ATAU INVESTASI SAHAM, RESMI AMAN DAN MENGUNTUNGKAN !



8 CARA MUDAH NABUNG ATAU INVESTASI SAHAM, RESMI AMAN DAN MENGUNTUNGKAN !
8 CARA MUDAH NABUNG ATAU INVESTASI SAHAM, RESMI AMAN DAN MENGUNTUNGKAN !

ZaenalBook, Bagi yang masih awam atau belum mengenal saham tentu mendengar kata investasi saham yang akan terbayang bermacam-macam. Ada yang terbayang butuh modal besar, rumit dan ribet, investasi bodong, penipuan, menguntungkan, bikin kaya, pasive income dan lain sebagainya. Nah buat kalian apalagi generasi muda, sudah saatnya kamu berpartisipasi membangun negeri plus kamu sendiri juga diuntungkan. Kok bisa begitu?

Bayangkan saja seperti pada kejadian diakhir bulan desember kemarin dimana investor asing menjual saham-saham perusahaan besar dinegara kita yang mengakibatkan IHSG menurun. Atau bahasa gampangnya keuntungan usaha perusahaan yang ada di Indonesia justru malah lari keluar negeri. Bahkan yang lebih penting adalah menjaga aset-aset penting negara kita agar tidak dimiliki oleh asing.

Terus langkahnya bagaimana kalo mau ikut nabung saham? Saya masih awam, bingung musti gimana kalo mau nabung saham/investasi saham? Kira-kira bagaimana panduan beli saham atau nabung saham yang resmi dan aman? Nah, Berikut dibawah ini adalah langkah-langkah untuk memiliki Rekening Dana Investor atau Rekening Sekuritas yang nantinya digunakan untuk investasi saham :

Kunjungi Perusahaan Sekuritas Terdekat

Apa itu perusahaan sekuritas? Perusahaan yang merupakan anggota bursa efek dengan lisensi khusus untuk melakukan jual beli efek atau saham dan menjadi perantara transaksi bagi perusahaan atau investor. Intinya perusahaan sekuritas itu perusahaan yang akan menerbitkan rekening dana investor (RDI) kita. Kalo bingung pilih aja perusahaan sekuritas Plat merah atau milik BUMN seperti Danareksa, BNI Sekuritas dan Mandiri Sekuritas. Jika ingin menjamin keamanan perusahaan sekuritas tersebut cek saja di website OJK untuk memastikan kalo perusahaan tersebut sudah terdaftar di OJK.

Bawa Dokumen Pendukung

Administrasi atau dokumen pendukung pembukaan rekening sekuritas adalah KTP, Halaman depan buku tabungan dan NPWP jika sudah memiliki serta materai.

Lengkapi Formulir Pembukaan Rekening Efek yang diberikan oleh Perusahaan Sekuritas tersebut.

Jika kamu sudah menikah pastikan istri atau data istri kamu sudah paham. Sebab ketika mengisi form tersebut data istri diminta. Jika masih single maka data keluarga atau orang tua. Mulai dari nama lengkap tanggal lahir sampai dengan riwayat pekerjaan. FYI untuk formnya cukup banyak ya, tapi jangan kuatir jika kamu daftarnya langsung ke kantor pasti dibantu sama pegawainya. Apalagi kalo pegawainya cantik bening, pasti dibuat lama-lama pun ga masalah..wkwkwk

Tunggu Hingga Rekening Efek Selesai Di Proses

Mengingat alur berkas yang sudah kamu isi harus diverifikasi oleh pejabat terkait, maka sudah tentu membutuhkan waktu tidak sebentar.Biasanya berdasar pengalaman selama proses menunggu nanti kamu akan ditelpon oleh kantor sekuritas tersebut untuk memverifikasi kebenaran data (Cuma ditanya data pribadi dan keluarga tidak ditanya kenangan mantan atau nikah kapan). Dikarenakan menunggu adalah kegiatan yang tidak menyenangkan maka kami informasikan umumnya biasanya waktu proses menunggunya adalah kurang lebih 15hari kerja.


Kamu Akan Mendapatkan Email Penting dan Rahasia

Adapun untuk isi emailnya adalah informasi mengenai RDN (Rekening Dana Investor), USER ID, Password, Pin untuk Online Trading (jual beli saham kamu). Saya yakin pasti asing dengar istilah RDN dst, nah berikut penjelasannnya :

RDN (Rekening Dana Investor) adalah rekening yang ditujukan bagi nasabah perorangan maupun perusahaan untuk penyelesaian transaksi di Pasar Modal. Bahasa simpelnya dompet online kamu untuk menampung saldo untuk beli saham atau menampung hasil jual saham kamu sebelum dicairkan ke rekening tabungan kamu agar bisa dicairkan secara tunai.

User ID dan Password, User ID dan password Ini digunakan untuk login aplikasi jual beli saham, bahasa gampangnya kalo kamu pernah instal bukalapak di hape kamu nah kan perlu login tuh, nah user ID ini adalah usernamenya. Kalo sudah login kamu nanti akan melihat daftar saham-saham yang diperdagangkan.

Pin Online Trading, nah setelah kamu login dengan username dan password tadi sampai disitu kamu masih belum bisa jual beli saham. Kamu harus login lagi di menu pilihan pojok atas, nah pinnya ya yang diemail. Setelah login nanti kamu bisa entry buy (kalo mau beli) entry sell (kalo mau jual) withdraw (untuk tarik uang ke rekening tabungan/rekening biasa yang bisa kamu cairkan di atm, order list (daftar transaksi beli atau jual saham kamu).

Transfer Dana Ke Rekening Dana Investor Kamu

Jangan salah persepsi loh dengar kata transfer dana, jangan langsung terbayang wah ini penipuan dll. Ingat ini resmi, lagian transfer dananya kan juga ke rekening kamu juga Cuma bedanya rekening untuk jual beli saham. Pastikan sebelum transfer nomor dan nama pemilik rekeningnya sudah sama ya. Bahasa simpelnya kaya top up saldo.

Instal Software Online Trading

Setiap perusahaan sekurtias tentu mempunyai aplikasi Trading tersendiri. Misalnya BNI Sekuritas punya aplikasinya e smart BNI Sekuritas. Instalnya dimana? Ya tinggal di playstore atau appstore lewat android kamu. Kalo bingung tanya mbanya yang cantik tadi waktu kamu isi form,hehehe. Kemudian gunakan user ID pasword dan pin online trading sesuai yang dijelaskan diatas.

JOSS KAMU SUDAH BISA MELAKUKAN TRANSAKSI INVESTASI SAHAM

Demikian tahapan jika kamu ingin membuka rekening sekuritas atau tatacara panduan investasi saham. Silahkan SHARE AGAR MEMBAWA MANFAAT ke banyak orang. Jangan Lupa Baca Buku tentang saham agar pemahaman kamu lebih mendalam. Investasi sahamnya tidak menduga-duga atau spekulasi (wah ini kayaknya mau naik nih), nanti jatuhnya malah judi. Pahami analisa fundamental (untuk menentukan perusahaan) dan Analisa Teknikal (untuk menentukan kapan moment pas untuk membeli atau menjual saham). Pahami keuntungan dan risiko saham.


Pesan dari saya pribadi, mari bangun negara kita agar lebih maju dan makmur. Jadilah investor yang tidak hanya mementingkan kepentingan sendiri. Cintailah negerimu dengan cara yang baik, Bawa pasar modal Indonesia menjadi kuat oleh rakyat Indonesia sendiri. Ingat Jangan mau kalah dengan Investor Asing yang terus memasukan dananya ke Indonesia, masa perusahaannya di tanah kelahiran kita, yang kerja kita, tapi hasilnya sebagian lari keluar negeri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel