• Contact us
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Langganan Artikel Gratis
  • GOA KACA Dari Sidomulyo

    WISATA ALAM GOA KACA

    sumber gambar : www.money.id
    Zaenal-Book,- Halo guys, kali ini saya akan membagikan sebuah artikel penting mengenai alam atau lebih tempatnya tempat wisata yang bersejarah dan belum dikenal oleh banyak orang, serta tentunya untuk menambah pengetahuan dan memperkenalkan kampung halaman saya.
    Goa kaca merupakan salah satu tempat wisata religius yang terletak di dusun pasir kored, desa Sidomulyo kec.pangandaran,kab.pangandaran jawa barat.
          Wisata goa kaca sendiri menyuguhkan keindahan
    dari salah satu batu pospat yang meleleh dan terlihat seperti serpihan kaca. Untuk bisa sampai di goa kaca pengunjung harus berjalan kurang lebih 15 menit dari tempat penitipan kendaraan.
        Adapun sejarah tempat ini yang berhasil penulis dapatkan dari beberapa informan terpercaya sebagai berikut: Menurut para warga setempat dahulu pada jaman penjajahan belanda goa ini akan dijadikan sebuah pertambangan kaca. Namun para pribumi tidak setuju dengan rencana ini,dan akhirnya para pribumi memutuskan untuk menutup / mengusirpara penjajah belanda.
            Setelah kejadian itu tidak banyak orang yang tau akan keberadaan dari goa kaca tersebut.  
       Namun goa kaca ditemukan kembali oleh seorang pemburu landak.
    Pada suatu ketika pemburu landak ini sedang memburu seekor landak namun tidak ada satu landak pun yang muncul, dia melihat bahwa ada satu landak yang masuk ke sebuah lubang kecil.
         Lalu pemburu tersebut pun mendekati lubang kecil yang di masuki oleh landak tersebut.
    Tidak disangka ternyata setelah melihat lebih dekat dasar dari lubang kecil itu merupakan sebuah goa yang di dalamnya terdapat batu alam,yaitu batu fosfat atau yang sekarang disebut Goa Kaca.
        Kemudian diselidiki lebih jauh dan mendapatkan bahwa ada satu goa yang terhubung dari goa kaca tersebut.goa itu bernama 'GOA SURUPAN'.
    Sejak saat itu goa kaca dan goa surupan ramai diperbincangkan oleh masyarakat sekitar bahkan smpai ke masyarakat di desa-desa sebelah.
         Pada tahun 2002 goa kaca dan goa surupan dibuka sebagai tempat wisata.Namun,ditutup kembali sebab ada satu kejadian dimana seorang pengunjung dinyatakan hilang akibat kurangnya kordinasi pengelolaan wisata oleh pihak-pihak tekait. Namun  pada tahun 2016 wisata goa kaca telah dibuka kembali dengan perbaikan pengelolaan oleh pihak-pihak terkait.
        Tidak sampai situ saja ternyata terdapat satu bukit dimana pengunjung dapat melihat pesona pemandangan kota pangandaran dari atas ketinggian. Pemandangan pantai atau Laut Selatan Pulau Jawa pun nampak Jelas. Warga memberi nama bukit ini dengan nama "BUKIT GALAU" entah apa sebabnya bukit tersebut diberi nama seperti itu, tetapi yang jelas tempat ini indah, sejuk dan recomended buat acara liburan.
    Sebagai bocoran saya post sedikit keasrian Goa Kaca ini :
     (Oleh : Endang Sulastri, 02 Juli 2017)