https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing PENTING ! MASALAH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN CARA MENGATASINYA - PARETO HIDUP

PENTING ! MASALAH KOMUNIKASI PEMASARAN DAN CARA MENGATASINYA


ZaenalBook : Masalah Komunikasi Pemasaran.

  
Seringkali dalam proses operasional pemasaran yang didalamnya ada berbagai macam proses seperti penjualan, promo, event dan lain sebagainya. Masih sering dijumpai yang namanya salah komunikasi atau mis komunikasi. Kesalahan ini terjadi bukan hanya pada pelanggan baru ataupun lama. Namun sebelum menjelaskan lebih jauh mengingatkan untuk Membacanya sampai selesai agar tidak salah pemahaman. Berikut dibawah ini adalah salah satu point-point penting masalah yang sering terjadi dalam proses komunikasi pemasaran dan cara mengatasinya.

Perhatikan Faktor Gangguan Komunikasi Pemasaran.
Pada hal ini gangguan komunikasi dapat terjadi akibat Intervensi Pesan Pesaing, gangguan fisik, perbedaan budaya, perhatian, ketiadaan umpan balik. Artinya hal pertama sebelum menangani masalah pemasaran adalah memperhatikan faktor-faktor diatas. Kunci dari komunikasi adalah salah satunya pada proses pemahaman lawan bicara dan umpan balik yang kita sampaikan. Hargai dan perhatikan lawan bicara agar dia merasa nyaman sehingga mampu mengeluarkan semua apa yang dia pikirkan bahkan kendala yang dihadapi. Selain itu ada lagi faktor penting yang menyangkut masalah komunikasi pemasaran. Adapun faktor-faktor tersebut antara lain :

Manajemen Janji Jasa
Mengoordinasi janji-janji yang dibuat oleh semua sumber pemasaran eksternal dan interaktif dalam rangka untuk memastikan bahwa janji-janji tersebut konsisten dan realistis. Contoh, Merancang periklanan yang efektif dan  berbagai cara, memberikan janji yang realistis dan memberikan garansi jasa. Hal ini sangat penting guna menjaga loyalitas dan kebaikan hubungan antara pelaku usaha dengan konsumen.


Manajemen Harapan (Ekspetasi) Pelanggan.
Menjelaskan secara detail sesuai aturan yang berlaku dan membuktikannya dengan menanyakan kembali kepada pelanggan sebagai wujud keberhasilan transfer pemahaman yang diwujudkan dengan umpan balik. Mengonfirmasikan kepada pelanggan bahwa perusahaan tidak selalu dapat menyediakan tingkat layanan sempurna sesuai yang diharapkan oleh pelanggan. Namun untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan, ada cara lain untuk mengatasi hal ini. Penawaran alternatif dan konsistensi atas alternatif yang ditawarkan adalah salah satu solusi cerdas serta efektif dalam manajemen ekspektasi pelanggan. 

Peningkatan Edukasi Pelanggan
Menyediakan Informasi yang memadai untuk para pelanggan mengenai proses pemasaran atau jasa yang ditawarkan. Kriteria evaluasi aspek-aspek apa saja yang terkait dalam proses pemasaran. Edukasi yang dapat dilakukan adalah dengan bentuk menyiapkan pelanggan untuk proses jasa, mengkonfirmasi kinerja standar yang ada dan ekspektasi. Mengklarifikasi ekspektasi setelah penjualan, mendidik pelanggan agar menghindari periode permintaan punca dan menggunakan jasa pada periode sepi.

Manajemen Komunikasi Pemasaran Internal.
Miskomunikasi antar lini terkait akan suatu program pemasaran umum sering terjadi. Oleh karena itu Menyebarluaskan informasi kepada seluruh jajaran organisasi terkait dalam rangka menyelaraskan semua fungsi dengan ekspektasi pelanggan merupakan salah satu solusi tepat. Jangan sampai kita mengadakan program pemasaran atau teknik baru pemasaran yang didalamnya terdapat beberapa program promosi, publikasi dan lain sebagainya akan tetapi pihak internal justru tidak memahami semua.

Demikian sharing tentang Masalah yang umum terjadi dalam proses komunikasi pemasaran dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa bagikan kepada orang-orang sekitar jika bermanfaat.
Terima Kasih...

Baca Juga : CARA CERDAS MENGELOLA KEUANGAN PRIBADI DAN KELUARGA YANG BENAR!

Oleh : Zaenal Mustopa S.E
 Pustaka : Alvonco, Johnson. 2014. Practical Communication Skill, Jakarta : Elex Media Komputindo.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel