https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing CARA SIMPEL DAN CERDAS NABUNG ATAU INVESTASI SAHAM, BUKAN HANYA IKUT-IKUTAN ! - PARETO HIDUP

CARA SIMPEL DAN CERDAS NABUNG ATAU INVESTASI SAHAM, BUKAN HANYA IKUT-IKUTAN !


 


Tau ga sih per Juli 2020 jumlah investor di Pasar Modal tumbuh 22% atau menjadi 3,02 juta akun. (sumber data : Ksei (Kustodian Sentral Efek Indonesia), kontan.co.id, marketbisnis.com). Berdasarkan data ini artinya Pasar modal tambah rame ya bund?hehehe


Kalimat pernyataan diatas adalah kabar baik, apalagi mayoritas akun adalah anak-anak muda. Artinya kedepan generasi selanjutnya semakin melek akan dunia investasi. Namun yang jadi pertanyaan selanjutnya adalah Sudah sampai manakan pengetahuan mereka akan pasar modal? Mari 1 langkah lebih maju berfikir untuk lebih mendalam lagi mengenai dunia investasi khususnya di Pasar Modal di Indonesia.


Berdasar pengalaman pribadi, bahkan saya sendiri bahwa di Indonesia investornya masih memiliki kebiasaan ikut-ikutan. Mulai dengan follow akun-akun sosmed tentang investasi, baca berita dll. Apakah ini salah? Oh tentu tidak, namun sebagai generasi yang siap tangguh tentu tidak hanya dengan cara seperti itu dalam berinvestasi. Sudah sepatutnya kita memiliki pendapat sendiri yang berdasar pada ilmu-ilmu analisa yang ada.


Kenapa hal ini penting? Sebab yang perlu digaris bawahi “ketika kita mengikuti orang lain, maka akan ada kecenderungan menyalahkan orang lain utamanya saat kita mengalami kesalahan maupun kerugian”. Berbeda cerita kalau kalo ita mendapatkan kerugian atau kesalahan itu akibat pengambilan keputusan kita sendiri. Maka akan cenderung lebih humble dan siap menerima kalau itu adalah kesalahan sendiri. Lebih jauh lagi tentunya akan lebih hati-hati dan belajar dari kesalahan.


Oleh karena itu penting sekali bagi kita untuk melakukan analisa sendiri. Lantas bagaimana melakukannya??


Langkah paling mudah adalah dengan belajar Analisa Fundamental dan Analisa Teknikal. Analisa Fundamental secara garis besar fungsinya untuk memilih Perusahaan yang mana yang mau kita beli sahamnya? Sedangkan Analisa Teknikal menentukan Kapan waktu yang pas atau diharga berapa kita melakukan transaksi beli atau jual.

Analisa Fundamental terdiri dari beberapa komponen atau rasio. Namun yang paling mudah antara lain :

EPS

Earning per share merupakan rasio profitabilitas yang menilai tingkat kemampuan per lembar saham dalam menghasilkan laba untuk perusahaan.

PER

Price to Earning Ratio disingkat dengan PER merupakan rasio yang menggambarkan keuntungan sebuah perusahaan dibandingkan harga saham di pasar. Rasio ini memberikan informasi terkait nilai wajar suatu perusahaan.

PBV

Apa itu Price to Book Value disingkat dengan PBV?
PBV adalah rasio harga terhadap nilai buku. PBV digunakan untuk melihat seberapa besar kelipatan dari nilai pasar saham perusahaan dengan nilai bukunya. Misalkan PBV sebesar 2x, artinya harga saham sudah tumbuh sebesar dua kali lipat dibandingkan kekayaan bersih suatu perusahaan.

ROE

Apa itu ROE (Return On Equity)? Pengembalian ekuitas adalah ukuran dari profitabilitas bisnis dalam kaitannya dengan ekuitas. Karena ekuitas pemegang saham dapat dihitung dengan mengambil semua aset dan mengurangi semua kewajiban, ROE juga dapat dianggap sebagai pengembalian aset dikurangi kewajiban. Semakin nilai ROE mendekati 100%, maka akan semakin bagus. ROE yang bernilai 100% menandakan bahwa setiap 1 rupiah ekuitas pemegang saham, dapat menghasilkan 1 rupiah dari laba bersih perusahaan. Dalam perhitungan ROE, digunakan dua piranti besar dalam sebuah perusahaan, yaitu laba bersih dan ekuitas.


DER

Rasio utang terhadap ekuitas adalah rasio keuangan yang menunjukkan proporsi relatif dari ekuitas dan utang yang digunakan untuk membiayai aset perusahaan. Semakin tinggi DER menunjukkan komposisi total hutang (jangka pendek dan jangka panjang) semakin besar dibanding dengan total modal sendiri, sehingga berdampak semakin besar beban perusahaan terhadap pihak luar (kreditur).

Deviden Yield

Hasil dividen atau rasio harga dividen saham adalah dividen per saham, dibagi dengan harga per saham. Ini juga merupakan total pembayaran dividen tahunan perusahaan dibagi dengan kapitalisasi pasarnya, dengan asumsi jumlah saham konstan. Rasio ini sering dinyatakan dalam wujud persentase.

Untuk penjelasannya dipostingan sebelumnya sudah dibahas mengenai rasio-rasio diatas. Atau bisa juga Klik Link dibawah ini :


PERMUDAH DIPAHAMI DAN SIMPEL, INI CARA MEMILIH SAHAM DENGAN FUNDAMENTAL YANG BAGUS !


Selain itu cara mudah lainnya untuk mengetahu rasio-rasio diatas adalah dengan menginstal aplikasi RTI Business di Playstore. RTI ini cukup komplit ketika kita menginput kode saham maka penjelasan mengenai saham tersebut sudah cukup informatif dan komplit. Bukan iklan loh ya ini murni pengalaman pribadi dan beberapa perusahaan sekuritas yang merkomendasikan apk tersebut. 


Selain itu di google pencari pun ketika kamu mengetik kode saham dimesin pencari biasanya rasio-rasio fundamentalnya juga sudah langsung muncul dibagian bawah. Contohnya dibawah ya :




Kemudian setelah memahami analisa fundamental dan menggunakan alat aplikasi maka silahkan pilih perusahaan mana yang akan dibeli dan tentunya sesuai dengan Analisa dan Keputusan sendiri.

Gaes untuk Analisa teknikal besok lagi ya saya lanjut, cape ngetiknya...wkwkwk
Tetap tunggu tulisan berikutnya mengenai analisa teknikal biar kamu bisa beli atau jual saham di moment harga yang “pas”.
atau kamu isikan emailmu di kolom menu disebelah kanan kaya gambar dibawah ini :




Semoga tulisannya bermanfaat. Terima Kasih

Oleh : Zaenal Mustopa S.E

 

 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel