https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing 5 HAL PENTING DALAM MEMBUAT RENCANA KEUANGAN ! - PARETO HIDUP

5 HAL PENTING DALAM MEMBUAT RENCANA KEUANGAN !






   TUJUAN FINANSIAL

Pembuatan rencana keuangan tentu memiliki maksud tersendiri dari setiap pembuatnya. Pembuat bisa dilakukan oleh sebuah organisasi, keluarga maupun perorangan. Contoh mudah yang dimaksud tujuan finansial misalnya ingin pensiun kerja di usia 35 tahun. Contoh lain misalnya ingin melakukan umrah atau memiliki rumah diusia 35 tahun. Semua tujuan rencana keuangan tentu harus dipersiapkan detail dengan meminimalisir kemungkinan kemungkinan terburuk yang tidak diperkirakan sebelumnya. Pada penyusunan tujuan finansial tentukan berapa besaran nominal yang akan ditargetkan.

2.       PORTOFOLIO ASET
Setelah menetapkan tujuan dari perencanaan finansial langkah selanjutnya adalah mendata seluruh aset yang sudah ada sekarang atau yang dimiliki sekarang. Hal ini wajib dilakukan guna menilai apakah aset mengalami perkembangan atau penurunan. Contoh aset yang umumnya dimiliki keluarga indonesia seperti : Kendaraan, Properti (rumah, toko dll), emas dan tabungan lainnya.

3.       PELUNASAN UTANG
Data seluruh utang yang dimiliki guna mengetahui perbandiangan antara aset, utang dan perbandingannya dengan target finansial yang ditargetkan. Tips dalam pelunasan hutang, mulailah dari yang terbesar. Kenapa dimulai dari yang terbesar? Hal ini dikarenakan utang terbesar memiliki pengaruh di beban pikiran tertinggi pada jiwa kita. Pengaruh tersebut akan berkorelasi pada produktivitas atau kinerja kita pada kehidupan sehari-hari.

4.       DANA DARURAT
Dana darurat ini minimal menggunakan teknik range tarik waktu 6 bulan kedepan. Dana ini lebih baik disisihkan setiap bulannya. Jika penghasilan anda mepet, maka dapat dilakukan penyisihan nominal kecil setiap bulannya. Walaupun hasil penyisihan awal belum mampu memenuhi kebutuhan darurat minimal dapat membentu pola kebiasaan atau pola pikir yang lebih tertata dan bijak dalam pengelolaan uang.


5.       RENCANA ASURANSI
Berbicara asuransi jangan terbayang hanya sebatas asuransi seperti asuransi jiwa, kesehatan dll. Rencana asuransi ini dapat dibentuk secara pribadi, misal dalam bentuk asuransi pendidikan, asuransi aset, dll.

Demikian  5 HAL PENTING DALAM MELAKUKAN PERENCANAAN KEUANGAN baik keuangan pribadi maupun keluarga. “kita mungkin saja tidak dapat mengetahui nasib dikemudian hari, akan tetapi hal yang perlu diketahui bahwa masa depan adalah apa yang kita lakukan sekarang.”

Oleh : Zaenal Mustopa S.E

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel