https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing 6 CARA TEPAT PENGELOLAAN KEUANGAN ANAK MUDA ! - PARETO HIDUP

6 CARA TEPAT PENGELOLAAN KEUANGAN ANAK MUDA !



Keuangan Kaum Milenal Zaenal Book


Masa muda pada umumnya adalah masa dimana keinginan tinggi, impian tinggi, dan cita-cita tinggi. Hal tersebut tentu sudah hal yang umum dan terjadi hampir pada semua orang. Dimana harapan tinggi atau keadaan yang lebih baik dimasa mendatang merupakan idaman semua orang. Namun anehnya hanya sebagian kecil saja yang mampu mewujudkan hal tersebut.

Tulisan kali ini bukan tentang motivasi kesuksesan seperti ungkapan diatas. Akan tetapi akan coba dipandang dari sudut yang lain. Kesuksesan seseorang tentu identik dengan yang namanya cukup, baik dari sisi finansial maupun non finansial. Memang betul semuanya tidak dapat diselesaikan dengan uang, namun tidak disalahkan pula ungkapan bahwa semuanya membutuhkan uang.

Bukan mereka yang berpenghasilan tinggi dan melimpah yang memperoleh kebahagiaan atas makna pemilikian uang atau harta. Melainkan mereka yang mampu mengelola dengan baik uang dan harta sehingga membawa kebermanfaatan bagi orang lain. Oleh karena itu penting bagi generasi muda untuk memahami pengelolaan uang yang baik dan berorientasi jauh kedepan.

Berikut berbagai hal penting yang wajib kamu ketahui tentang pengelolaan keuangan, khususnya bagi kamu kaum muda milenial :

  • Miliki Niat Untuk Maju

Memahami profil dan kondisi keuangan pribadi adalah metode awal kamu untuk dapat memahami rencana keuangan dimasa mendatang. Pastikan bahwa niat dalam diri untuk konsisten menjalankan rencana bahwa keuangan dimasa mendatang akan cukup, tertata, dan membawa manfaat bagi orang lain atau minimal orang di sekitarmu. Niat ini sangat penting dan mendasar dalam pengendalian keuangan, tertutama dalam pengendalian pengeluaran-pengeluaran yang bersifat konsumtif dan berdasar keinginan.
  • Tambah Pos Pemasukan Tanpa Henti

Masa muda adalah masa dimana ide dan kreativitas berkembang pesat dibenak kepala. Hal yang perlu digaris bawahi bahwa semua ide-ide itu akan tidak berguna jika tidak dikeluarkan dari kepalamu. Maka Bangkit dan do it! Coba semua potensi kemungkinan penyumbang penghasilan, jangan mengedepankan rasa aman atas pemberian orang tua. Apalagi jika kamu cowok, berfikirlah logis bahwa hidup tidak selalu dibawah orang tua. Berani mencoba dan belajar serta konsisten adalah kunci utama dalam menambah pos pemasukan tanpa henti.
  • Buat Pembukuan Sederhana

Apa yang kamu bayangkan jika mendengar kata pembukuan dalam kehidupan sehari-harimu? Ribet? Males? Bikin nambah kerjaan?
Cuk ! kalo kamu anak muda, harusnya melek teknologilah. Buka Androidmu, download tuh aplikasi pembukuan. Banyak sekali aplikasi pencatatan mulai dari yang simpel isinya Cuma uang masuk dan uang keluar. Sampai dengan yang sesuai standar akuntasi. Kalo sampai kamu membantah ribet membukukan pengelolaan keuangan keseharianmu, itu hanya sifat malasmu saja yang mengalahkan mimpi akan masa depanmu.
  • Jangan lupa Nabung dan Investasi

Anak muda maju, pikirannya ketika dengar kata nabung harusnya jangan yang terbayang buka rekening di Bank dan nabung. Oke Bank memang menjamin keamanan uang kita pasti aman, tapi pernah ga mikir kalo bank tidak menjamin nilai uang kita di Bank. Inget dulu kamu jajan Gorengan seribu masih dapat 4 ? terus sekarang uang seribumu buat beli gorengan ternyata Cuma dapat 1 doang? Gorengan aja mengalami kenaikan lebih dari 100% dalam kurun waktu 5-10thn. Belum lagi kebutuhan pokok hidupmu. Seperti pakaian, Rumah, dan lain sebagainya.


Eits denger penjelasan gitu jangan langsung pusing, banyak alternatif investasi atau nabung yang sifatnya melawan inflasi. Ada investasi sektor riil, seperti tanah, emas, properti, bahan bangunan, dll. Intinya yang wujudnya ada dan terlihat mata. Namun ada juga yang non riil tetapi dapat melawan inflasi. Yaitu Reksadana, Saham, Obligasi dan banyak lainnya. 

Anak Muda harusnya melek akan hal ini, lebih mirisnya lagi jika lihat anak muda bilang kalo saham itu haram dsb. Cobalah pelajari dulu, jangan menjudge diawal. Mau maju gimana kalo tidak paham perkembangan zaman. Tapi khusus untuk kebutuhan jangka pendek atau untuk keperluan sewaktu-waktu maka tabungan bank adalah alternatid baik. Dah Intinya Anak Muda Harusnya Tidak lupa Nabung dan Investasi!
  • Bangga Jadi Mahasiswa atau Pelajar

Khusus ini karena kamu masih masa belajar dan masa-masa kamu mengkonsumsi lebih banyak hasil kerja keras orang tuamu. Kamu harus pandai-pandai berburu diskon dan khsusus mahasiswa harus paham titik kordinat makan murah dan menyehatkan. Jangan ngaku mahasiswa kalo makanmu masih lenjeh dan boros. Bukan masalah orang tuamu kaya dan tidak, tapi masa pendidikan kepribadianmu itu yang lebih penting. Mikir walaupun orangtuamu kaya, itu yang kaya orang tuamu kamu masih numpang. Orang suskes di Dunia ini selalu bangga dan bersyukur atas kinerja pencapaiannya, bukan warisan mbahmu ! Jadi inti pada point ini kamu harus bisa ngerem pos-pos pengeluaran rutin agar sebisa mungkin efisien dan tanpa menghilangkan esensi utama pengeluaranmu.
  • Evalusasi Pembukuan Rutin

Anak muda ngomong evaluasi jangan kebayang kaku bahwa harus dengan buku dan seperangkat alat kerja lainnya. Evaluasi bisa sambil tiduran, pakai Androidmu. Bahkan kamu bisa buat tuh pembukuanmu secara online. Tujuannya biar ga ada alasan lagi ketika HP hilang atau rusak. Bahasa gampangnya Real time!

Hal penting dalam evaluasi adalah kamu harus memahami pos atau point-point yang sifatnya belum sesuai. Misal banyak biaya keluar berdasar keinginan semata, bukan kebutuhan. Pengeluaran sifatnya 90% konsumtif, tidak ada pengeluaran untuk kebaikan jangka panjang. Bagi-bagi dalam bentuk % agar mudah pengelompokan pos-posnya.


Demikian 6 Hal penting dalam pengelolaan Keuangan untuk anak muda milenial masa kini. Ingat jangan takut tua, tapi takutlah masa mudamu sia-sia tanpa perencanaan matang menyongsong masa tua yang lebih baik dan membawa manfaat banyak kepada orang lain.

Oleh : Zaenal Mustopa S.E

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel