https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing 5 CARA MUDAH MEMULAI BISNIS ONLINE SUKSES UNTUK PEMULA - PARETO HIDUP

5 CARA MUDAH MEMULAI BISNIS ONLINE SUKSES UNTUK PEMULA

Potensi industri e-commerce di Indonesia memang tidak dapat dipandang sebelah mata. Dari data analisis Ernst & Young, dapat dilihat pertumbuhan nilai penjualan bisnis online di tanah air setiap tahun meningkat 40 persen. Ada sekitar 93,4 juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia. (https://kominfo.go.id). Berdasar data tersebut menandakan pertumbuhan dan prospek ekonomi digital semakin membaik, terlebih pemerintah mendukung kemajuan ekonomi digital di Indonesia.

Indonesia tahun ini sedang mengalami pertumbuhan ekonomi paling lambat dalam lima tahun terakhir. Tetapi pertumbuhan industri e-commerce justru semakin pesat di tengah perlambatan laju ekonomi tanah air.  "Bukan tak mungkin nantinya industri e-commerce dapat menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional," harap Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.
Terlebih, kebanyakan pelaku bisnis e-commerce di tanah air berskala kecil dan menengah (UKM). Seperti yang kita ketahui, bisnis UKM menjadi usaha yang paling tahan banting di saat krisis ekonomi sekalipun. Melalui industri e-commerceRudiantara berharap dapat terus dikembangkan dan mendukung perekonomian Indonesia yang diprediksi menjadi kekuatan ekonomi baru dunia pada tahun 2020 nanti. 

Oleh karena itu, kita harus mengikuti perkembangan zaman dan bertindak sebagai Subjek dalam perkembangan ekonomi digital bukan hanya menjadi Objek. Berikut adalah Cara Sukses Berbisnis online tanpa Modal untuk Pemula.

Tentukan Ceruk Pasar dan Produk yang akan dijual. 

Sebelum Anda memulai berbisnis online alangkah baiknya menentukan terlebih dahulu produk apa yang Akan Anda Jual. Akan tetapi bila belum dapat menemukan Anda dapat melakukan survey atau melihat kebutuhan orang disekitar Anda, Kebutuhnan Anda atau ide kreatif. Mengapa demikian, sebab pada dasarnya masalah atas diri kita atau masalah yang dihadapi orang lain adalah peluang usaha. Adapun untuk Teknisnya Anda dapat melakukan survey di e-commerce yang sudah mapan seperti Lazada, Matahari Mall, Bukalapak, Tokopedia dll.

Didalam bidang jual beli onlien pada hakikatnya ada 3 jenis barang dagangan yang dapat di tawarkan ; Barang Fisik, Barang Digital dan Jasa.
Barang fisik contohnya handphone, jam tangan, kosmetik, pakaian dll.
Barang digital adalah barang yang tidak dapat disentuh dan dapat Anda gunakan untuk pemenuhan kebutuhan, contoh ebook, kursus online, dll.
Jasa, untuk jasa Anda dapat menjual hasil pemikiran ide yang dituangkan kedalam hal teknis jasa rental mobil, jasa pembuatan website dll.

Belajar Cara Mendapatkan Traffic

Trafic atau calon pembeli Anda adalah elemen penting dari sukses atau tidaknya jualan Online. Traffic bisa kita dapatkan dengan dua cara, yaitu Cara Gratis dan Cara Berbayar. Cara gratis adalah dengan menggunakan sosial media, Market Place dll. Sedangkan cara berbayar adalah menggunakan Google Ads, Bing Ads, Facebook Ads dll. Untuk mengetahui cara gratis dan berbayar akan kita bahas pada pembahasan berikutnya.

Pelajari Copywriting

Teknik ini disebut juga penulisan iklan yang baik. Lalu bagaimana penulisan yang baik, tentunya memuat unsur-unsur pokok seperti :
  • Komunikatif, mudah dipahami.
  • Informatif, pesan produk tersampaikan
  • Persuasif, mampu membuat calon pembeli tertarik untuk membeli
Kemudian Copywriting dikatakan berhasil apabila konsumen membeli produk kita. Selanjutnya dikatakan luar biasa adalah ketika konsumen berlangganan membeli produk kita.

Pelajari Cara Menangani Pelanggan

Meskipun bisnis online artinya tidak langsung bertatap muka dengan konsumen, akan tetapi pelayanan dan kepuasan pelanggan adalah tetap nomor 1. Unsur pokok dalam pelayanan antara lain adalah kejujuran, ramah, informatif dan sabar. Prinsipnya adalah lakukan unsur-unsur pokok tersebut agar menciptakan citra positif dibenak Konsumen. Bahkan sampai membentuk Brand atas produk Kita.

Berikan Pelayanan After Sales

After sales sebenarnya belum begitu mendasar, namun apabila dilakukan akan menambah kepercayaan atas konsumen kita. Bentuknya apa saja? yaitu berupa garansi, pelayanan keluhan, atau yang paling penting adalah pembuatan testimoni, kesan-kesan, opini dan lain lain.


Demikian semoga bermanfaat dan segera kita mulai bisnis online Anda. Share untuk kebaikan, terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel