https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing TAKUT RUGI DENGAN SAHAM GORENGAN? YUK KENALI CIRI DAN CARA MENGATASINYA ! - PARETO HIDUP

TAKUT RUGI DENGAN SAHAM GORENGAN? YUK KENALI CIRI DAN CARA MENGATASINYA !

sumbergambar : mm5007.sbm-itb.net/



TAKUT RUGI DENGAN SAHAM GORENGAN? INI PENJELASAN CIRI DAN CARA MENGATASINYA !

Bagi Kalangan Trader atau investor, tentu sering mendengar istilah saham gorengan, lalu apa sebenarnya penjelasan saham gorengan?

Saham gorengan pada dasarnya adalah istilah yang digunakan oleh para pelaku pasar modal untuk saham-saham yang sering mengalami kenaikan dan penurunan harga saham secara singkat yang diakibatkan oleh isu tertentu. Kenapa disebut gorengan, ya kembali lagi karena saham tersebut mudah di “goreng” dengan isu tertentu dengan maksud menaikan atau menurunkan harga saham.

Lantas apa bahayanya bagi kalangan pelaku pasar modal? Jawabannya tentu tergantu pada pelaku pasar modal itu sendiri. Bagi trader kelas kakap, saham gorengan mungkin seringkali dimanfaatkan untuk mencari cuan dalam waktu singkat. Namun, bagi kalangan pemula tentu jangan berani coba-coba atau anda akan kehilangan dana. Bahkan yang mencengangkan baru-baru ini sekelas perusahaan besar seperti Jiwasraya, diisukan mengalami kerugianakibat bermain saham gorengan. Bayangkan saja sebesar perusahaan Jiwasraya pun memanfaatkan dananya untuk mencari cuan pada saham, meski sahamnya saham gorengan.

Nah berikut pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang ciri-ciri dari saham gorengan dan cara mengatasinya

Market capitalnya Kecil

Umumnya saham-saham yang terbutki masuk dalam kategori saham gorengan, market capitalnya biasanya dibawah 1 Triliun. Jadi buat kamu apalagi yang masih pemula, bila ada keraguan apalagi sahamnya belum kamu kenali produknya apa. Agar terhindar dari saham gorengan, coba cek berapa Capital Marketnya. Cara ceknya banyak cara, salah satunya kamu bisa download RTI di playstore lalu masukan kode sahamnya dan cek di fundamental maka akan muncul keterangan berapa capital marketnya. Selain itu kamu juga bisa langsung searching digoogle capital market dari saham yang akan kamu cari tau.

Harganya Naik Turun Gak Beraturan



Kecenderungan saham-saham gorengan biasanya memiliki harga dengan pola yang aneh. Misal hari ini Rp. 50,- per lembar besok ganti jadi Rp. 200,- besoknya lagi Rp.50,- lagi. Atau bisa dikatakan perubahan naik turunnya extreme. Maka pilihlah saham dengan pergerakan harga yang tidak terlalu extreme dan pola yang tidak jelas.

Harganya Sangat Murah


Saham gorengan umumnya biasanya harganya sangat murah atau dibawah Rp.500,- perlembar saham. Namun tidak dapat disimpulkan juga bahwa saham yang dibawah Rp.500,- masuk saham gorengan ya, tetap cek indikator yang lainnya.

Produknya Jarang diketahui banyak Orang

Kalo pernah baca artikel tentang kiat sukses investor Warrent Buffet, tentu sering mendengar istilah belilah saham yang kamu pahami. Pahami disini tentu dari segi perusahaan sampai dengan produk-produknya. Nah saham gorengan, biasanya produknya itu aneh atau tidak terkenal. Meski pengetahuan kita terbatas, seenggaknya logika dasar dan dangkal memilih saham salah satunya kamu tau produk dari perusahaan tersebut apa dan tentunya laku.

Emiten Baru


Meskipun tidak semua emiten baru namun umumnya saham gorengan biasanya saham-saham yang masih baru melantai bursa. Kata istilah lain yang bisa menggambarkan indikator ini adala “Kualitas teruji oleh waktu.”

BACA JUGA : INI DIA 10 PERUSAHAAN SYARIAH TERBESAR DI BEI ! SUDAH BELISAHAMNYA??


Harganya memiliki tren naik tapi Jika dicek Fundamentalnya Tidak Wajar

Ya, saham gorengan biasanya diawal-awal misal 1 tahun pertama atau semester pertama trendnya naik terus. Padahal bila kita teliti mengecek analisa fundamental perusahaan tersebut justru jelek. Nah bila kamu menemukan hal ini hati-hati, segera ambil tindakan alternatif pengamanan dana.

Bikin Pusing



Efeknya bikin jengkel, dan kaya bikin sesak nafas. Sebab kalo dana kita udah masuk dan harga turun atau istilahnya nyangkut, maka trennya cenderung turun dan bikin pikiran ga karuan. :D

Demikian Penjelasan tentang saham gorengan, mudah-mudahan kamu bukan termasuk korban saham gorengan yang bikin nyesek didada. Tetap banyak belajar ilmu tentang analisa-analisa sebelum melakukan investasi. Tips mudah memilih saham bagi kamu kaum pemula, cukup pilih saham bluechip atau saham yang produknya kamu tau dan ada disekitar kita.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel