https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing 6 KONTRIBUSI NYATA DAN MUDAH YANG BISA KITA LAKUKAN AGAR NILAI RUPIAH KUAT ! - PARETO HIDUP

6 KONTRIBUSI NYATA DAN MUDAH YANG BISA KITA LAKUKAN AGAR NILAI RUPIAH KUAT !

ZaenalBook : 6 Kontribusi nyata agar rupiah kuat!

Akhir-akhir ini pada tepatnya antara bulan Agustus-September 2018 sedang ramai perbincangan mengenai kondisi nilai mata uang diberbagai negara melemah. Berdasarkan kondisi ini bagi kalangan tertentu pasti bertanya-tanya sebenarnya apa sih yang mengakibatkan naik turunnya nilai mata uang terhadap dollar AS? Kenapa yang harus menjadi patokan dollar AS? Terus artinya devisa itu apa? Fungsinnya buat apa sih? Emang efeknya dollar naik apa perasaan hidup gini-gini aja?

Pertanyaan-pertanyaan demikian pasti akan muncul atas peristiwa kenaikan dollar AS atau melemahnya mata uang diberbagai negara di dunia ini. Akan tetapi fokus tulisan kali ini belum kearah sana, saya akan lebih mendahulukan langkah nyata yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi masalah tersebut. Kenapa hal ini terlebih dahulu? Bukan pemahaman tentang nilai mata uang vs mata uang lain. Alasannya adalah karena urgent, efeknya jika metode dibawah dilakukan berdampak cepat dan manfaatnya lebih segera dirasakan.

Oke langsung saja berikut langkah-langkah konkret/nyata/riil/pasti yang dapat dilakukan kamu dan rekan-rekan disekitar Anda untuk menanggulangi masalah pelemahan nilai mata tercinta kita yaitu Rupiah :


1. Beli Produk Lokal

Belilah produk-produk lokal atau semua produk-produk asli buatan Indonesia dari mulai bahan baku hingga menjadi produk jadi diproses di Indonesia dan dari asli Indonesia. Kenapa hal ini penting dan berpengaruh terhadap penguatan mata uang kita? Ketika kita membeli produk lokal atau produk asli Indonesia maka roda perekonomian akan berjalan. Mulai dari perusahaan-perusahaan terkati seperti penyedia bahan baku, mitra, peningkatan kesejahteraan karyawannya, pemilik usahanya, lingkungan sekitar perusahaan, penerima CSR Perusahaan dan yang paling penting adalah keuntungan usaha tidak lari ke negara lain. Kemudian hal yang paling penting adalah kemandirian bangsa, artinya kita tidak perlu impor yang nantinya ketika transaksi impor tentu pembayarannya menggunakan Dollar. Sesuai hukum ekonomi ketika cadangan dollar/devisa menipis maka nilai mata uang kita akan melemah. Maka kesimpulannya belilah produk-produk asli Indonesia, jika kebetulan barang yang kita butuhkan hanya adanya barang impor maka lakukanlah subtitusi ke produk lain yang sekiranya serupa dan sesuai fungsinya.


2. Tahan Tahan Dulu Berpergian Keluar Negeri

Khusus buat kamu yang suka jalan-jalan keluar negeri demi kontribusi perbaikan mata uang kita maka tahan dulu. Khusus buat yang sering berpergian keluar negeri untuk keperluan-keperluan penting lainnya, sarannya agar ikut serta membantu memperbaiki nilai mata uang kita maka kurangilah konsumsi atau pengeluaran-pengeluaran yang menggunakan dollar. Kenapa hal ini penting, lagi-lagi agar cadangan devisa atau dollar kita tetap stabil dan rupiah tidak banyak digunakan untuk membeli dollar.


3. Jangan dulu beli Gadget/Elektronik Impor

Hampir 90% lebih gadget-gadget dan barang-barang elektronik bersumber dari negara lain alias impor. Hal ini penting karena sebagian besar pembayaran impor adalah dilakukan dengan menggunakan dollar. Artinya jika kita membeli barang-barang impor banyak, maka kuantitas impor pun akan meningkat dan lagi-lagi cadangan devisa dollar kita akan digunakan untuk hal tersebut. Jadi tunda dulu ya pembelian barang-barang tersebut, meskipun yakin pasti perusahaan-perusahaan terkait gencar banting harga promo dan sebagainya.


4. Tukar Dollar Kamu Menjadi Rupiah

Demi cinta dan bakti ke Ibu pertiwi, bagi kamu yang punya aset berwujud dolar maka alangkah bijak dan baiknya jika kamu mau menukarkan ke rupiah. Niatkan untuk kebaikan negeri ini, meskipun secara nominal kamu dirugikan akan tetapi niatkan untuk kebaikan negeri ini. Indonesia adalah rumah kita semua, sedangkan rupiah seperti isi dari rumah itu sendiri. Maka rawat dan jaga rupiah agar kita dapat memperoleh kesejahteraan bersama.


5. Tahan dulu Beli kendaraan impor atau barang lain yang impor.

Beberapa kendaraan khususnya kendaraan mewah pasti diproduksi sepenuhnya diluar negeri. Artinya untuk mendatangkan barang tersebut maka diperlukan pengeluaran berwujud dollar sebagai alat bayarnya. Note kendaraan impor yang perlu ditunda adalah ketika pembayarannya menggunakan dollar.


6. Jual saham-saham luar negeri milikmu dan belilah saham-saham dalam perusahaan dalam negeri

Perlu diketahui salah satu pengeluaran terbesar negara kita yang berwujud dollar adalah pembayaran deviden atau penjualan saham milik investor asing. Sekarangkan banyak nih perusahaan-perusahaan Indonesia yang dikuasai oleh asing, nah ketika perusahaan untuk tentu mereka menginginkan labanya kan. Nah laba ini tentu mereka menginginkan dalam bentuk dollar atau emas dan lain sebagainya yang berlaku dalam satuan pembayaran internasional. Kemudian buat kamu yang belum beli saham, cepet segera belajar saham, dan belilah saham-saham perusahaan penting milik Indonesia agar tidak dibeli oleh asing. Pembelian oleh investor asing itu dikarenakan pemenuhan kebutuhan modal, artinya ketika pemenuhan modal dipenuhi oleh masyarakat kita sendiri maka kita tidak tergantung oleh investor asing.




Demikian langkah 5 KONTRIBUSI NYATA YANG BISA DILAKUKAN KITA UNTUK MEMBANTU MENGUATKAN RUPIAH !


Tolong bantu share untuk mengingatkan saudara-saudara kita agar bersama-sama gotong royong membantu pemulihan Nilai Rupiah.
Semoga bermanfaat....

Oleh : Zaenal Mustopa S.E

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel