https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing PENGALAMAN REKRUTMEN PT ABYOR INTERNASIONAL DARI AWAL HINGGA AKHIR SAMPAI DITERIMA - PARETO HIDUP

PENGALAMAN REKRUTMEN PT ABYOR INTERNASIONAL DARI AWAL HINGGA AKHIR SAMPAI DITERIMA


PENGALAMAN REKRUTMEN PT ABYOR INTERNASIONAL DARI AWAL HINGGA AKHIR SAMPAI DITERIMA

Pada kesempatan kali ini saya akan membagi cerita pengalaman atau memberikan referensi ulasan/review tentang proses seleksi atau rekrutmen PT Abyor Internasional dari mulai awal hingga akhir. Karena kebetulan saya sendiri telah menjalaninya dari mulai awal rekrutmen hingga diterima. Sebagai informasi tambahan dulu saya melamar sebagai Management Trainee atau yang sering dikenal dengan istilah MT. Oke langsung saja yang Pertama yang perlu teman-teman ketahui perusahaan ini merupakan perusahaan yang sedang berkembang pesat dengan core bisnisnya sebagai jasa keuangan yang berbasis IT. Tenang ini perusahaan Besar, terbukti klien-kliennya banyak banget dari kalangan BUMN, Pemerintahan bahkan sampai luar negeri.Penjelasan panjangnya bisa dicek sendiri di website resmi abyor international. Fokus review atau sharing pengalaman yang ingin saya share terbagi menjadi beberapa bagian seperti :

Tahapan Seleksi

Seleksi di PT Abyor International dulu saya dimulai dari bulan Februari 2018. Proses awalnya bermacam-macam ada yang melamar melalui email, ada yang melalui ECC UGM, Jobfair dll. Singkat cerita setelah saya melamar dengan mengirim beberapa persyaratan seperti CV, Foto dll saya alhamdulillah lolos tahap administrasi. Saya mendapat email Undangan Proses selanjutnya kebetulan dulu saya test di Kampus UKDW Yogyakarta, akan tetapi proses selanjutnya harinya lumayan tidak telalu lama ya sekitar setengah bulan atau lebih. Oke singkat cerita lagi waktu berjalan begitu cepat hingga tibalah waktunya untuk test tahap berikutnya. Ohya perlu teman-teman ketahui dalam email Undangan Test terdapat beberapa persyaratan yang harus dibawa, seperti Copy Ijazah, KK, KTP dll nah itu dipersiapkan dan dibawa ya. Selain itu juga dalam email dulu ada lampiran form yang harus diisi, jadi jangan lupa diprint, diisi dan dibawa.


Testnya apa aja? Susah Enggak? Jawabannya ya seperti pada umumnya, ada test psikotes, test koran, dan lain sebagainya. Namun sedikit ada yang berbeda dari test-test yang lain, apa bedanya? Bedanya adalah semua test dalam bentuk bahasa inggris. (nah loh tambah mumet). Ets tapi jangan kuatir dan pesimis, testnya logika-logika saja ko dan familiar ga kaya kalo test toefl. saya juga bahasa inggirisnya belum baik, ya modal yakin dan niat yang kuat aja. Jangan langsung patah semangat, inget aja modal berumah tangga ga kecil.wkwkwk (sory bercanda)
Informasi tambahan sebelum test akan diperkenalkan mengenai profil perusahaan, jadi nanti teman-teman akan dijelaskan oleh HRD apa sih PT Abyor International itu? Nonton Profil perusahaannya juga. Nah sampai dengan tahap ini kan nanti teman-teman tau lebih dalam lagi nih mengenai perusahaannya, nanti disitu juga akan menjadi bahan pertimbangan menyesuaikan diri. Ohya testnya lumayan lama ya sekitar hampir seharian full, jadi kalo bisa bawa makanan atau minuman buat penahan lapar.

Setelah menjalani test yang cukup panjang sepanjang jalan kenangan, singkat waktu saya mendapat email pengumuman kalo saya lolos tahap selanjutnya yaitu wawancara HRD dan User. Jeda nunggu dari waktu setelah test sampai pengumuman sekitar 1bulan. Pada Proses wawancara ini tempatnya dikantor pusat di daerah BSD Tangerang, kawasan lumayan elit lah. Dulu saya punya cerita dramatis, sampai kesasar salah tempat dan ketemu mas-mas yang sama sama dari jogja Cuma sudah punya rumah didaerah situ. Jadi diantar sekalian, (faktor bejo ditolong orang, jadi kalo mau ditolong kita ya musti banyak menolong).

Lanjut penjelasan wawancaranya, materi yang ditanyakan kurang lebih seputar kepribadian, pengalaman, latar belakang diri dan keluarga dan test soal sesuai jurusan yang diambil. Dulu saya ditestnya disuruh menjelaskan tentang akuntansi, karena saya bukan anak akuntansi dan saya jurusanku Manajemen Keuangan jadi saya menjelaskan semampunya. Mengenai dasar-dasar akuntansi, Laporan keuangan dll.

Hal yang perlu diingat ketika wawancara adalah sikap, kejujuran, dan kemampuan diri. Sebisa mungkin tunjukan namun tidak berlebihan sebab ketika berlebihan justru akan menjadi boomerang bagi diri sendiri. Relax dan optimis teman teman diterima. Ohya hampir lupa, dalam email undangan juga ada lampiran file nah itu jangan lupa diisi dan dibawa ya. Nah kemudian setelah melakukan test wawancara HRD dan User tibalah saatnya menunggu keputusan final, lolos atau enggak. Jeda waktu menunggu sampai pengumuman final adalah sekitar 1-2 minggu. Alhamdulillah saya lolos,dulu saya ambil bagian budgeting intinya yang urus-urus biaya-biaya atau proyeksi gitulah sudah agak lupa soalnya. Namun kabar kurang pasnya saya tidak jadi ambil. Karena faktor lain, ga enak bgt ya udah test lama jauh dan panjang pas udah ketrima eh ga diambil. Tapi ya gimana lagi udah takdirnya. Hehehe

Gaji
Lanjut ke pembahasan gaji, nah masalah ini tentu hal yang paling pokok ya. Ga munafik kerja yang selain cari pengalaman, berkah ya ujung-ujungnya duit. FYI untuk Gaji pertama sekitar 5jtan.

Dan Sistem Kerja
Sistem kerjanya Adalah Kontrak 5 tahun dan Ijasahnya ditahan. Dulu saya dijelaskan kenapa lama ditahannya, alasannya karena pemahaman akan SAP dan sistem-sistem yang ada itu tidak mudah alias butuh waktu penyesuaian. Jadi perusahaan tidak mau misal teman-teman sudah bisa dan mahir eh malah sudah habis kontrak. Intinya baik ko, ohya Nanti juga ada training beberapa bulan di Pusat. Kemudian setelah mampu dan menguasai baru dilepas ke tim-tim sesuai dengan klien yang digarap. Nah ketika temen-temen sudah sampai tahap ini nanti ada tunjangan uang lagi menyesuaikan daerah yang dituju.

Nah demikian berbagi kisah tentang Proses rekrutmen atau seleksi PT Abyor. Semoga bermanfaat, maaf bila tidak lengkap karena cape ngetiknya.hehehe
Kalo mau tanya boleh dikomen saja. Terima Kasih
Semoga kesuksesan menyertai kita semua. Amiiin

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel