https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing 5 MENTAL PEMIMPIN KEKINIAN YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG PEMIMPIN ! - PARETO HIDUP

5 MENTAL PEMIMPIN KEKINIAN YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG PEMIMPIN !

ZaenalBook : Mental Pemimpin
Berbicara tentang pemimpin atau kepemimpinan tentu sering kita dengar kalimat “Pada hakikatnya kita semua adalah pemimpin, ya minimal memimpin diri sendiri.” Sungguh ini merupakan kalimat familiar dalam pembahasan tentang kepemimpinan. Namun pada kesempatan kali ini pembahasan tentang pemimpin akan dikerucutkan pada diri seorang pemimpin atau jiwa pemimpin.
Pada dasarnya suatu pemimpin dikatakan berhasil apabila dia mampu mempengaruhi anggotanya dan bahkan bersedia melakukan atas apa instruksi yang diberikan oleh pemimpin itu sendiri. Lebih berhasil lagi adalah pengaruh itu tetap ada meski pemimpin tersebut sudah meninggal. Berdasarkan hal tersebut kita dapat mengambil sebagian intisari dari seorang pemimpin yang harus mampu menjadi orang yang berpengaruh. Sebelum pemimpin mempengaruhi anggotanya, sudah tentu dirinya sendiri harus mampu menjadi figur contoh.
Kemudian untuk mempermudah memahami cara agar mampu menjadi figur lakukanlah dimulai dari hati dan mental/pikiran/sudut pandang. Selain itu tentunya juga harus disesuaikan dengan perkembangan zaman. Apalagi seperti jaman yang penuh dengan inovasi dan perubahan yang serba cepat atau beberapa orang menyebutnya jaman milenial.  Adapun 5 mental yang mampu membentuk karakter bahkan budaya pemimpin yang baik antara lain :

  • Siap Terhadap Perubahan
Anda pasti mengetahu kemampuan Anda dan teman yang sekarang sukses tidaklah jauh berbeda. Anda Sadar betul itu, bahwa dari kecil mengenalnya dan merasa tidak ada perbedaan yang signigikan antara Anda dan teman Anda. Tetapi, ketika kesuksesan berada ditangannya dan Anda masih diposisi yang sama, tiba-tiba Anda memasrahkan kemampuan Anda segitu saja, menganggap teman Anda lebih pintar, lebih kaya, dll. Cobalah Anda amati diri Anda, apakah Anda masih berada di tempat yang sama dengan sepuluh tahun yang lalu? Cara berfikir seperti sepuluh tahun yang lalu? Jika jawabannya iya berarti Waktu hidup Anda sudah disia-siakan. Manusia secara alamiah adalah makhluk yang selalu berubah. Awal dilahirkan masih orok dengan kemampuan terbatas. Kemudian belajar merangkak hingga berjalan dan seterusnya. Perubahan itu terus berlangsung sampai manusia itu mati. Maka cintailah Perubahan, seyogyanya kita sebagai manusia harus menyadari bahwa perubahan itu sesuatu yang pasti.

BACA JUGA : 10 CIRI-CIRI KARYAWAN BERMASALAH DAN CARA MENGATASINYA ! 

  • Yakin Pertumbuhan Membutuhkan Perubahan
Pada point ini mari belajar dari apa yang sering kita lihat disekitar kita. Contoh proses pertumbuhan tanaman kacang atau buah pepaya. Awalnya hanya sebutir biji, ditanam, pecah, keluar akar, batang, daun dst. Artinya semua yang bertumbuh tentu membutuhkan yang namanya Perubahan. Pemimpin-pemimpin sukses di dunia ini adalah orang yang mengutamakan pertumbuhan. Orang-orang yang bertumbuh tentu sejatinya adalah orang yang mau belajar dan selalu mau memperbaiki kemampuannya demi mencapai perubahan yang diharapkan.

  • Biasa Menggerakan Pikiran
Kita memang tidak dapat mengetahui semua hal, akan tetapi berhenti belajar mengetahui berbagai hal adalah awal kematian diri seorang manusia. Perbedaan manusia dengan makhluk lain tentu terletak pada sisi akalnya. Seorang yang terbiasa menggerakan pikirannya akan mudah mengatasi persoalan dengan cepat, tepat, cermat dan sesuai dalam mengambil sebuah kebijakan.

  • Menumbuhkan Diri dari Orang Lain
Istilah ini mungkin jarang didengar oleh kebanyakan pembahasan tentang kepemimpinan. Menumbuhkan diri dari orang lain disini memiliki makna sebuah program pengembangan diri yang didasarkan pada orang lain. Lalu pertanyaannya didasarkan atas apa? Maka jawabannya adalah atas dasar keterbukaan terhadap kritik, melihat kinerja orang lain (oh iya ya orang lain sudah produktif sejauh itu, saya ko masih gini-gini saja), dan yang terpenting adalah melihat citra diri atau penilaian orang lain atas diri kita demi menunjang perbaikan diri untuk lebih baik. Seorang pempimpin harus mampu menjadi pembelajar sejati, dan mau belajar dari orang lain. 

  • Fokus pada Waktu Anda dan Energi yang Ada
Fokus adalah sebuah kunci kesuksesan atas semua tindakan yang dilakukan. Fokus ini tentunya memiliki makna yang luas, namun pada seorang pemimpin fokus awal yang harus dikerjakan adalah pada titik waktu dan energi. Fokus waktu bukan berarti lembur atau berlebihan dalam mengerjakan sebuah tindakan. Fokus waktu disini lebih menitik beratkan pada waktu yang tersedia dan hasil kinerja maksimal. Dalam hal ini faktor utama kegagalan dalam pengelolaan waktu tentu adanya sebuah Hambatan-hambatan yang dapat menyita waktu penyelesaian. Oleh karena itu hambatan yang merubah alokasi waktu harus dihindari seminimal mungkin.
Fokus Energi disini bermakna pada sumber daya yang ada pada diri kita. Secara alamiah, manusia tentu mengalami namanya siklus produktivitas hidup. Sewaktu muda dapat menyelesaikan 10 tugas dalam sehari, tentu hal itu tidak berlaku jika kita sudah lanjut usia. Menjaga kesehatan, mempelajari pola hidup demi kebaikan fisik dan rohani tentu modal utama seorang pemimpin agar tetap mampu menjalankan kepemimpinan dengan baik.

Kemudian yang terakhir bahwa perlu diingat, semua pemimpin tentu memiliki kewajiban mempertanggungjawabkan semua apa yang telah dilakukan. Maka berhati-hati, teliti serta berfikir jauh kedepan merupakan sebagian modal penting dalam memimpin.

Demikian Artikel tentang 5 MENTAL PEMIMPIN KEKINIAN YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG PEMIMPIN. Semoga bermanfaat, JANGAN LUPA KOMEN UNTUK DISKUSI ATAU SHARE JIKA BERMANFAAT.

Oleh : Zaenal Mustopa S.E

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel