https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing 4 PRINSIP KEUANGAN PENTING UNTUK ANAK MUDA ! - PARETO HIDUP

4 PRINSIP KEUANGAN PENTING UNTUK ANAK MUDA !

ZaenalBook : Kuangan Anak Muda
ZaenalBook : Kuangan Anak Muda

Disadari atau tidak disadari kita tidak dapat terhindar dari yang namanya uang. Uang begitu penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Bahkan tidak sedikit orang yang rela merendahkan derajat sebagai manusia demi uang. Bahkan tidak sedikit pula yang mendewakan uang diatas segalanya.

Agar kita berfikir cerdas dan rilex dalam menata dan memahami konsep sebenarnya tentang uang. Alangkah bijaknya jika kita selalu memperhatikan 6 hal dibawah ini agar kita mampu mengelola keuangan kita. Ingat bukan yang memiliki penghasilan besarlah yang bahagia dengan uang, akan tetapi mereka yang mampu mengendalikan dan memanfaatkan uanglah yang dapat hidup bahagia dari manfaat uang itu sendiri. Berikut 4 Prinsip Keuangan yang patut kita jadikan acuan dalam kehidupan sehari-hari ;

HIDUPLAH DIBAWAH KEMAMPUANMU !

Berdasarkan beberapa sumber, sebagian besar masyarakat di Indonesia Hidup dari Gaji ke Gaji. Artinya hanya mengandalkan berjarak satu gaji dari bencana keuangan. Coba deh renungi terkadang tidak sedikit yang mengiyakan bahwa kondisi dompet ditanggal tua atau pertengahan bulan mulai sekarat. Apalagi buat kamu yang sudah punya banyak tanggungan, misal setoranlah, biaya sekolah dll. Tips yang cocok menghadapai ini adalah bahwa pahami kemampuan keuanganmu dan hiduplah dibawah kemampuanmu. Namun, tetap mengedepankan rasa optimis dan sifat ingin maju.

HINDARI SEGALA BENTUK HUTANG !

Fakta mencengangkan adalah 4 dari sepuluh anak muda khususnya diperkotaan mereka rela berhutang demi gaya hidup dan hubungan sosial. Apalagi sekarang didukung dengan maraknya penyedia pinjaman elektronik yang cepat dan ga ribet bahkan tidak perlu tatap muka. Artinya tidak banyak orang yang tau dari mana kita punya uang. Sadarlah jon ! Hindarilah utang apalgi buat gaya atau hubungan sosial. Mending jaga duitmu buat masa depan, semakin bertambahnya tahun nilai uang akan semakin kecil. Ingat dulu jaman SD beli gorengan masih harga 500 dapat 2 ? sekarang berapa harga satuannya?

TINGKATKAN TABUNGANMU !

Sebagian besar anak muda hanya memiliki tabungan dibawah 10jt, bahkan survey yang dilakukan ke 10 pemuda 6 diantaranya memiliki tabungan dibawah 10jt dan ironisnya sisanya tidak memiliki tabungan sama sekali. Ingat masa muda adalah masa emas, masa umur produktiv, masa dimana kita dapat memiliki mimpi apapun dan kita dapat melakukan apapun. Artinya selagi kita mampu dan produktiv maka berfikirlah ketika kita kelak sudah tidak produktiv, sisihkanlah kerja keras mu untuk masa kelak ketika umurmu sudah tidak produktiv. Tapi ingat MENABUNG BUKAN BERARTI PELIT !

Tidak ada dalam sejarah dan referensi bahwa orang akan jatuh miskin dengan memberi. Adapun kalau ada tentu mereka memberi dengan rasa tidak ikhlas. Ingat memberi tidak akan membuat miskin justru sebaliknya.

INVESTASIKAN 20% DARI PENGHASILAN !

Rajinlah melakukan investasi, ingat menabung itu untuk memenuhi kebutuhan pendek dan menengah. Untuk jangka panjang pilihlah cara menyimpan hasil kerja kerasmu kedalam pilihan investasi. Invesatasi ada banyak macamnya, ada berupa tanah, nabung emas, nabung saham dan lain sebagainya. Intinya jika kamu ingin maju dan berkembang investasikanlah 20% dari penghasilanmu rutin setiap bulannya dan JANGAN HIRAUKAN KONDISI EKONOMI. Teori ini sering disebut dengan istilah DCA ( Dollar Cost Averaging).


Demikian 4 PRINSIP KEUANGAN SEMOGA BERMANFAAT. JANGAN LUPA SHARE AGAR SEMAKIN BANYAK ORANG DISEKITAR KITA YANG SADAR PENGELOLAAN KEUANGAN. Kemudian tips terakhir buat kamu yang ingin mantap dalam pengelolaan keuangan maka HITUNGLAH KEKAYAAN BERSIH PERSONALMU UNTUK MENGETAHUI ASETMU YANG SEBENARNYA.

Selamat mencoba...

BACA JUGA : 4 SIFAT PEMIMPIN BISNIS KEKINIAN YANG PERLU KITA CONTOH !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel