• Contact us
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Langganan Artikel Gratis
  • 18+ JENIS USAHA JASA DENGAN KEUNTUNGAN BESAR NO 9 SAMPAI 14 DAN 17, 18 TANPA MODAL PUN BISA !


    ZaenalBook : Usaha Jasa

    Bisnis Jasa adalah salah satu jenis bisnis yang terbukti memiliki peluang penyumbang pendapatan terbesar. Bahkan pada hakekatnya sebenarnya semua bisnis sebagian besar adalah jasa. Ya jasa, dimana pelaku usaha akan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumennya.

    Artikel ini tidak hanya untuk kamu yang pemula dalam memulai bisnis saja. Namun, cocok juga untuk referensi bagi kalian yang sudah memulai bisnis. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai 20 Jenis Bisnis Jasa dengan modal terjangkau dan menjamin untuk jangka panjang. Bahkan bila pengelolaannya sesuai standar dan tertata usaha jasa yang akan kami jelaskan ini dapat diwariskan ke anak cucu.

    Pada penjelasan daftar Usaha Jasa ini pun akan diulas mengenaik titik-titik penting pengelolaan dan pengembangan bisnis atau usaha jasa tersebut. Berikut dibawah ini adalah 20 Jenis Usaha atau Bisnis Jasa yang menguntungkan dengan Modal Kecil untuk Jangka panjang sekalipun :

    1. Bisnis Jasa Potong Rambut

    Jangan anggap remeh bisnis yang satu ini ! Kenapa demikian, Bayangkan saja hampir 90% Manusia dibumi ini tentu memiliki Rambut. Dan sudah tidak akan mungkin bila sejak lahir sampai dia meninggal tidak memotong rambutnya. Apalagi seiring perkembangan zaman, potong rambut pun sudah menjadi trend center dan menjadi semacam pengekspresian diri. Rambut selaku salah satu penyumbang utama dalam hal penampilan, artinya orang akan rela memberikan harga lebih asalkan pelayanan yang diberikan benar-benar memuaskan.

    Tips pada bisnis yang satu ini adalah Skill dan Pelayanan. Skill disini terkait dengan kecakapan atau keterampilan dalam memotong rambut. Pastikan bahwa potongan rambut harus benar-benar rapih dan yang terpenting sesuai keinginan Konsumen. Bagus versi konsumen bukan bagus menurut kita. Modal terbesar dari bisnis ini ada pada sewa tempat dan skill memotong rambut itu sendiri.

    2. Bisnis Jasa Pengiriman Logistic

    Bisnis logistic terbagi menjadi 2 macam. Pertama bisnis dengan sistem joint kemitraan. Contoh menjadi Agen POS, JNE, Tiki, Wahana, J&T dan lain sebagainya. Jangan anggap sepele bisnis ini, meski keuntungan bagi hasil yang ditawarkan rata2 15-30% per harga jual paket. Namun seiring perkembangan zaman, bisnis online atau sering disebut era digital semakin melejit. Bisnis ini adalah salah satu bagian penting dari era digital ini. Kedua, usaha jasa pengiriman dengan sistem sendiri. Artinya kamu harus menyediakan sistem dan peralatan yang dibutuhkan. Jumlah keuntungan tentu akan lebih besar dibandingkan dengan jenis yang pertama. Namun modal yang dibutuhkan juga jauh lebih banyak.
    Tips pada usaha atau bisnis jasa pengiriman yaitu Kecepatan, Keterbukaan/Kemudahan akses konsumen untuk mengetahui status barang sudah sampai dimana, dan yang terakhir adalah pada pelayanan dasar. Pelayanan dasar disini adalah terkait semua cara kita berhubungan dengan konsumen.

    BACA JUGA : 4 CARA MENENTUKAN HARGA JUAL YANG BENAR 

    3. Bisnis Jasa Persewaan Alat Naik Gunung atau Camping

    Usaha ini lebih populer di daerah perkotaan terutama dekat-dekat sekolah atau kampus. Segmennya pun jelas kalangan anak muda. Tidak mungkin kan orang sepuh atau tua naik gunung? Kalo anak kecil mungkin bisa aja. Keuntungan usaha ini jangan dianggap kecil, sebab marginnya cukup besar. Kita simulasikan sekilas saja. Misalkan Tenda, Modal 1 Juta untuk membeli tenda. Umur ekonomis tenda 1thn saja (padahal bisa lebih jika perawatan baik). Harga sewa perhari 100rb. Jika dalam sebulan dapat keluar minimal sekali 4x. Maka 100rb x 4 – 400k. 400k artinya jika dibandingkan dengan modal awal tadi 1jt sudah 40% nya. Misalkan dipotong biaya operasional dan gaji dll. Paling bersih diangka 300k. Itu baru 1 bulan, dan baru diambil minimal penjualan.

    Tips untuk konsen bisnis ini adalah pada point pelayanan dan kualitas produk yang disewakan. Pastikan barang dalam kondisi baik, dan stok ada. Jika point tersebut sudah terjaga dan tertata maka bisnis ini akan lancar dan lebih menyumbang pendapatan lebih.

    4. Bisnis Usaha Jasa Penjahitan

    ZaenalBook : Usaha Jasa Menjahit
    Jangan salah, usaha ini adalah usaha legendaris dari tahun-tahun dahulu bahkan tahun 60an pun bisnis ini sudah ada dan tetap ada sampai sekarang. Artinya disini adalah bahwa bisnis ini bila ditekuni dan dikelola dengan baik maka akan terus hidup. Hal ini dikarenakan core atau basic bisnisnya adalah pemenuhan kebutuhan pokok manusia.

    Ya kebutuhan pokok manusia yaitu Sandang. Selama Manusia hidup tentu membutuhkan yang namanya pakaian. Artinya pasar usaha jasa penjahitan tidak akan pernah mati. Tapi kenpa banyak yang bangkrut? Kalo bangkrut kasusnya bukan mati pasarnya melainkan kalah dalam persaingan pasar.

    Tips pada usaha ini adalah pada kualitas pelayanan, kualitas jahitan dan terakhir kecepatan. Logika saja jika kamu membutuhkan pakaian, tentu kamu menginginkan yang bagus karena hal ini terkait dengan penampilan. Hal pertama yang dilihat orang adalah dari penampilan, sebelum lanjut menilai dari segi perilaku dan lain-lain. Kemudian sama halnya kita ketika kecil, ketika diberi pakaian baru tentu rasa tidak sabar dan penasaran pasti akan menyelimuti hati kita.

    Strategi yang dapat kamu jalankan dalam mengembangkan bisnis ini antara lain :
    • Lakukan Pekerjaan tepat waktu
    • Rapih dalam menjahit dan kuat
    • Berikan pelayanan menyenangkan dan buat nyaman
    • Harga sesuai dengan pelayanan, kualitas dan harga pasar.


    5. Jasa Cuci Mobil dan Motor

    Bisnis atau usaha jasa cuci motor adalah bisnis yang umum dan ada disekitar kita. Ya disekitar kita, kenapa hal ini terjadi? Karena memang sudah seolah menjadi kebutuhan pokok. Selama penjualan otomotif diindonesia ada maka peluang bisnis ini akan terus tetap ada. Adapun ketika bisnis ini mati, pasti itu karena kesalahan dalam pengelolaan. Sebab bisnis ini memiliki pasar yang cukup luas dan besar.

    Usaha jasa cuci motor atau mobil untungnya pun besar. Memang betul hal tersebut, bayangkan saja hanya bermodal tenaga dan peralatan untuk mencuci uang sudah bisa masuk. Ibarat kata modal sekali yang besar setelah itu tinggal menjalankan dan mendapatkan keuntungan. Marginnya pun sangat besar, jika omsetmu sebulan 10jt saja sudah besar kemungkinan laba bersihnya 5jt. Artinya marginnya sangat besar yaitu 50%.

    Belum lagi ketika kita mau mengembangkan pelayanan seperti menyediakan kantin atau cafe untuk konsumen yang mau menunggu mobil atau motornya dicuci. Selain itu kamu juga dapat membuat space baliho atau spanduk atau space lainnya untuk disewakan. Misalnya didekat ruang tunggu dikasih space menggunakan akrilik yang disewakan kepada perusahaan pelumas, atau perusahaan penjual sparepart otomotif. Hal tersebut sudah tentu yakin pasti laku, selama usaha jasa mencuci motor atau mobilnya benar-benar ramai dan berkualitas.

    6. Usaha Jasa Foto Copy

    Usaha jasa foto copy meski sekilas kalo kita moto copy bayarnya Cuma 2rb atau 1rb. Tapi jangan salah keuntungan dari bisnis ini kalo dijalankan benar-benar untungnya bisa buat nikah 4x bro..hahaha

    Ya bisnis ini memang memiliki margin yang besar dan bermain volume. Ibarat konsep bisnis 1 x 1000 = 1000 dan 1000 x 1 = 1000. Artinya kurang lebih 1 Produk laku dengan untung 1rb perpcs, sedangkan yang kedua produk laku sebanyak 1000 dengan keuntungan perproduk 1 rupiah maka hasilnya pun sama-sama Rp.1.000,-.

    Bisnis jasa fotocopy pun demikian, lebih mengarah ke perumpamaan kedua. Bahwa memang bisnis usaha jasa foto copy seperti mengumpulkan receh, namun jika volume atau kuantitasnya banyak maka sama saja dengan perumpamaan 1000 x 1 = 1000. Berfikir fokus pada pengelolaan pelayananan terbaik untuk mendapatkan peningkatan volume penjualan yang tinggi.
    Tips untuk usaha jasa foto copy ini agar berkembang dan menghasilkan laba yang tingg yaitu :
    • Pastikan hasil cetakan foto copy jelas
    • Ketepatan waktu, khususnya bagi pesanan konsumen yang meminta fotocopy dalam jumlah banyak.
    • Berikan keramahan dan kemudahan pelayanan kepada konsumen. Misalkan dibuat alur pelayanan dari mulai datang sampai pembayaran. Kelemahan yang umum ditermui di foto copy pada umumnya adalah ketika konsumen datang karyawan masih sibuk dan terkesan diabaikan. Buat pembagian tugas, dan prioritaskan bagian pelayanan ketika konsumen datang. Kalaupun kondisi ramai setidaknya ketika konsumen datang dan langsung direspon maka dia merasa dianggap dan ada kejelasan. Bahasa simpelnya tidak di cuekin. Padahal Konsumen adalah Raja dan sumber pendapatan pengusaha.



    7. Usaha Jasa Laundry

    Jika kamu hidup dikota atau kamu termasuk orang yang memiliki tingkat kesibukan tinggi. Laundry adalah salah satu kebutuhan hidup yang pasti dicari. Artinya bisnis usaha jasa laundry ini sudah menjadi kebutuhan keseharian. Apalagi seiring berubahnya trend orang-orang sekarang yang selalu ingin praktis dan simple.

    Bisnis usaha jasa laundry ini memiliki beberapa segmen. Bisa konsumen perorangan maupun organisasi. Jika segmen yang kamu incar adalah perorangan atau keluarga, maka carilah lokasi dengan kepadatan penduduk yang tinggi. Misalnya daerah kampus dan daerah sekitar pabrik. Kemudian jika segmen kamu organisasi maka carilah lokasi di dekat hotel, rumah sakit, asrama, dll.
    Bisnis Laundry ini memiliki core basic pelayanan pemenuhan kebutuhan harian. Bayangkan saja bisnis ini akan terus berkembang selama manusia memakai pakaian pasti mereka akan memiliki peluang untuk membeli jasa laundry. Terapkan prinsip tersebut dalam usaha bisnis laundy kamu.
    Tips yang harus diperhatikan dalam bisnis usaha jasa laundry ini yaitu kecepatan dan kualitas hasil cucian. Ketika 2 faktor tersebut dipegang kuat dan dijalankan dengan konsisten. Pahit-pahitnya kamu tidak mampu untuk melakukan promosi, maka konsumen sendirilah yang akan mempromosikan sendiri kepada orang disekitarnya.

    8. Usaha Jasa Desain Interior

    ZaenalBook :Usaha Jasa Desain Interior
    Usaha Jasa Desain Interior adalah usaha yang profesional. Kenapa dikatakan profesional? Sebab tidak semua orang mampu menjalankan usaha jasa ini. Tapi hal yang perlu dipahami adalah tidak ada yang tidak bisa selama kita mau berusaha. Tidak harus kamu menjadi seorang sarjana arsitek terlebih dahulu untuk menjalankan bisnis usaha jasa desain interior. Kamu dapat belajar dari berbagai sumber referensi baik dari internet maupun buku. Selain itu, kamu juga dapat menjalankan usaha jasa ini jika kamu memiliki jiwa kepemimpinan bagus. Kamu akan mengajak orang yang memang memiliki bakat disini untuk bersama-sama mengembangkan bisnis jasa desain interior.

    Desain interior adalah merencanakan, menata dan merancang ruang-ruang interior dalam bangunan. Tatanan yang dapat memenuhi kebutuhan dasar kita akan sarana untuk bernaung dan berlindung, menentukan langkah sekaligus mengatur bentuk aktivitas kita, memelihara aspirasi dan mengekspresikan ide-ide yang menyertai segala tindakan kita, memengaruhi penampilan, perasaan dan juga kepribadian kita.
    Salah satu manfaat desain interior adalah terpenuhinya kebutuhan dasar kita akan sarana untuk bernaung dan berlindung.

    Tips pada bisnis jasa desain interior ini bahwa sebuah desain dianggap baik atau buruk menurut pendapat perancangnya (desainer), kliennya atau orang lain dan tentunya pengguna desain tersebut (end user). Satu dua alasan diringkas seperti berikut:

    • Desain dianggap bagus sebab telah memenuhi fungsinya dengan baik.
    • Sebuah desain dianggap bagus sebab berbiaya murah, ekonomis, efesien dan tahan lama.
    • Satu desain dianggap bagus sebab tampak indah secara estetis, dan
    • Sebuah desain dianggap bagus sebab dapat menimbulkan kembali perasaan dan ingatan akan suatu waktu dan tempat, membawa arti.


    9. Usaha Jasa Desain Grafis

    Jenis usaha ini cocok bangetu buat kaum milenial atau anak Muda. Usaha jasa ini benar-benar hampir tidak membutuhkan modal. Modal disini adalah modal uang, sebab pokok usaha jasa desain grafis yaitu pada skill yang dimiliki. Skill ini akan berpengaruh signifikan terhadap perkembangan usaha jasa desain grafis. Semakin skill kamu keren, maka usahamu akan semakin dikenal bahkan memiliki daya tawar tinggi.

    Tips untuk usaha jasa ini adalah kelolalah emosi desainer atau diri Anda. Sebab kelemahan pada bisnis jasa ini adalah kejenuhan pada Revisi Desain. Hal ini membuat mood diri menjadi kacau dan berpengaruh terhadap hasil kerja. Kemudian perkara marketing, kamu ga perlu pusing cukup sercing saja portal yang mengadakan semacam saembara desain. Ada yang satuannya dollar ada yang berasal dari Indonesia atau mata uang rupiah.

    Info untuk hasil bisnis ini, keuntungan yang dihasilkan sangat besar. Jadi Usaha Jasa Desain Grafis bisa dikatakan sangat prospek untuk jangka panjang dengan modal minimal namun keuntungan maksimal. Apalagi kalo kamu hobi desain atau anak muda yang kreatif.

    10. Usaha Jasa Pembuatan Website dan Toko Online

    Sudah diketahui dan dirasakan bersama bahwasannya seiring perkembangan teknologi. Apalagi ketika kamu hidup di daerah perkotaan hampir semua lini dalam kehidupan kita selalu bergelut dengan online. Artinya ini adalah sebuah perubahan yang wajib kita hadapi dengan bijak. Perubahan harus diolah agar menghasilkan perubahan yang positif.

    Berdasarkan hal diatas peluang yang dapat kita tangkap khususnya dari segi usaha atau bisnis jasa adalah Usaha Jasa Pembuatan Website atau Toko Online. Bagaimana kira-kira sumber keuntungan yang di dapat? Dari manakah kita dapat mengambil keuntungan?
    Bisnis usaha jasa pembuatan website atau toko online memiliki sumber pendapatan antara lain sebagai berikut :
    • Fee Pembuatan Website itu sendiri
    • Perawatan atau Maintance bulanan atau tahunan. Hal ini untuk memastikan bahwa website atau toko online tetap aman dari serangan hacker atau virus. Selain itu untuk menjaga atau meningkatkan performa. Bayangkan saja jika kamu memiliki 10 Konsumen dengan minimal 1 orang 1 website dan minta di maintance setiap bulan dengan harga 200rb saja maka 2jt sudah pasti kamu dapatkan.
    • Fee Jasa Penjualan Domain atau Hosting. Simpelnya namanya orang membuat website atau toko online itu sama seperti di dunia nyata. Domain itu ibarat alamatnya (.com .id dll) sedangkan hosting itu adalah memorinya. Nah biasanya mereka yang berbisnis jasa pembuatan website paket fee domain hosting ada yang terpisah dari harga total ada juga yang sudah 1 paket.
    • Pemasangan iklan kerjasama. Maksudnya adalah adanya kesepakatan antara konsumen untuk menyediakan space khusus di website untuk dipasangi iklan. Kemudian hasil iklan tersebut dapat dibagi 2, misal pemilik website 60% kamu 40%.



    Tips sukses untuk bisnis usaha jasa pembuatan website ini adalah pada pelayanan dan skill. Pelayanan terkait dengan kesigapan kamu ketika konsumen menghadapi masalah. Pastikan pelayanan kecepatan terhadap masalah yang ada harus benar-benar diprioritaskan. Kemudian untuk skill, namanya teknologi tentu akan selalu berkembang pesat dan cepat. Jangan pernah merasa ilmu mu sudah cukup dan enggan untuk belajar hal baru. Selalu cari info dan ilmu baru tentang website dan toko online. Hal ini dimaksudkan agar inovasi terus berjalan dan konsumen akan merasa nyaman dan puas.

    11. USAHA JASA KELOLA AKUN MEDIA SOSIAL

    Terdengar remeh tapi jangan diremehkan. Kenapa tidak? Ketika mendengar media sosial mungkin yang terbayang yang simpel hanya instagram, facebook, twitter, youtube dl. Tapi pernah ga terbayang jika kamu mengelola 100 akun?

    Tentu menjadi suatu hal yang tidak bisa dipandang remeh. Apalagi era sekarang media sosial adalah hal yang sangat penting. Bahkan sudah menjadi ruang bersama dalam kehidupan lain, yaitu kehidupan di dunia internet. Dengan bermodal pengetahuan dan kreativitas tinggi kamu dapat menjadikan usaha ini tetap berkembang dengan pendapatan puluhan juta setiap bulannya.

    Ada dua jenis jasa yang bisa kamu tawarkan jika berniat membuka usaha ini
    • Pertama jasa admin, dan
    • Kedua jasa marketing. Mau admin sekaligus marketing juga bisa, tinggal kamu naikkan aja penawaran upahnya.

    Jasa admin biasanya hanya bertugas seolah seperti receptionis didunia nyata yang melayani customernya. Sedangkan jasa marketing lebih ke bisnis, bagaimana kamu membroadcast dengan beberapa teknis khusus agar postingan dilihat banyak khalayak umum tanpa mengenal jarak dan waktu.

    12. USAHA JASA EDIT VIDEO atau VIDEO KREATOR

    Sama halnya dengan usaha jasa desainer namun lebih di fokuskan kepada edit video dan bahan presentasi. Usaha ini memiliki segmen khusus seperti perusahaan-perusahaan, lembaga-lembaga, atau organisasi-organisasi tertentu. Misalnya konten video untuk profil perusahaan, Sekolah maupun organisasi lainnya.

    Tips untuk bisnis ini adalah buatlah website atau media untuk mempublikasikan hasil editan kamu. Tujuannya selain sebagai media marketing, akan tetapi juga menjadi arsip portofoliomu yang sekaligus dapat dilihat calon-calon konsumenmu.

    13. Usaha Jasa Media Promosi Online

    Jenis usaha ini sekarang-sekarang ini sangat booming dikalangan anak muda. Kalangan artis dan kalangan kreator. Ya usaha bisnis jasa Promosi online, wujudnya antara lain :
    • Instagram, siapa yang tidak kenal istilah profesi selebgram. Dengan bermodal banyak follower maka kamu akan mendapatkan banyak uang. Dari mana? Ya dari pengiklan yang membutuhkan jasamu untuk memposting produk atau perusahaan pengiklan. Semakin banyak orang menyukai dan memfollow maka semakin besar pula pendapatan kamu. Jangan salah pendapatan dari selebgram sebulan dapat mencapai angka >100jt perbulan. Tergantung tingkat popularitasnya.
    • Youtub, ya youtube dapat menghasilkan usaha jasa dengan pendapatan luar biasa. Apa itu? Sebut saja Youtuber. Dengan pendapatan fantastis melebihi gaji direktur sekalipun, hanya bermodal edit atau upload video. Dari mana mendapatkan uangnya? Semakin banyak subscribermu? Semakin banyak videomu ditonton, maka pengiklan yang terdaftar di youtube akan semakin melirik untuk memasangkan iklannya di videomu. FYI angka % untuk youtube itu hanya 40% dan 60% untuk pemilik akun youtube. Jadi misalkan ada yang pasang iklan di youtube 1jt maka kamu akan mendapatkan 600rb dan youtube 400rb. Tercatat dibeberapa referensi seorang youtuber dapat memperoleh pendapatan hingga 0,5 Milyar dalam 1 bulan. Wow angka yang sangat fantastis bukan?

    • Blogger, sama halnya dengan youtuber konsep blogger juga demikian. Semakin banyak orang yang berkunjung ke blog kita maka peluang iklan google dengan biaya tinggi pun akan terbuka lebar. Dengan syarat kamu harus sudah diacc terdaftar sebagai akun Google Adsense.

    Selain itu masih banyak lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai media promosi online. Contohnya Facebook, Fanspage Facebook.

    BACA JUGA : CARA CERDAS MENGELOLA KEUANGAN PRIBADI DAN KELUARGA YANG BENAR!

    14. Usaha Jasa Membuat CV Online

    Terdengar aneh dan asingkan? Jangan salah bisnis jasa ini meski terkesan sepele namun menguntungkan untung yang besar dan modal hampir nol rupiah. Mekanisme bisnis ini yaitu konsumen khususnya mereka yang mau bekerja, presentasi, pengajuan sesuatu hal yang memang membutuhkan cv dengan desain profesional. Pasti tanpa berfikir panjang mereka akan rela mengeluarkan biaya, apalagi seperti kita ketahui CV adalah sesuatu hal yang sangat penting dalam dunia karir. Selain itu CV juga tidak setiap saat diupdate artinya produknya tahan lama menyesuaikan kebutuhan CV itu sendiri. Kapan harus di update  atau tidak.
    Perhitungan simpelnya adalah 1 CV paling murah dihargai 25rb. Jika dalam sehari mampu menjual 30 desain CV maka dalam sehari sudah dapat mendapatkan uang 750.000. Kalo ga percaya silahkan dicoba mumpung bisnis ini masih sedikit yang menyadarinya, artinya peluang masih ada.
    Tips untuk bisnis ini adalah pastikan bahwa desain CV mu harus benar-benar profesional dan sesuai keinginan konsumen. Kemudian kecepatan dan ketepatan waktu sesuai perjanjian dengan konsumen juga harus diprioritaskan.

    15. Usaha Jasa persewaan Kamera

    Seiring dengan berubahnya trend masyarakat yang berlomba-lomba memenuhi sosial medianya dengan upload an foto yang berkualitas. Maka Usaha Jasa Rental Kamera ini memiliki prospek yang bagus. Segmennya pun jelas terbuka lebar dikalangan anak muda khususnya mahasiswa, pernikahan, event-event tertentu bahkan tidak menutup kemungkinan adalah anak SMA.

    Pastikan bahwa usaha jasa sewa kamera kamu memiliki produk yang berkualitas dengan sistem kontrol yang bagus. Berdasarkan beberapa sumber salah satu kelemahan usaha jasa persewaan kamera adalah kamera dibawa kabur konsumen. Sehingga mengalami kerugian yang tentunya dalam jumlah yang tidak sedikit.

    Tips pada bisnis usaha jasa persewaan kamera ini adalah kuatkan di sistem keamanan atau kontrol operasional persewaan. Tujuannya adalah agar kamera benar-benar aman, bayangkan saja misalkan umumnya rental kamera DSLR 100rb/hari tapi karena kita lalai kameranya hilang maka kerugiannya sudah jelas nominal besar. Padahal dari biaya sewa angka prosentasenya cukup besar.
    Namun jangan kuatir, jika usaha jasa persewaan kamera ini dijalankan dengan catatan keamanan dan kualitas dan kuantitas produk yang memadai.

    16. Usaha jasa Otomotif atau Bengkel Tambal ban.

    Pada point 16 ini kami akan menjelaskan pertama adalah tentang Usaha Jasa Otomotif atau bahasa simpelnya bengkel. Pada usaha jasa jenis ini kamu dapat menawarkan produk pelyanan seperti servis kendaraan. Fokuskan pada keunggulan kompetitif, misalkan kamu akan fokus pada servis ringan seperti karbu, injeksi, kelistrikan. Selain itu ada pula produk jasa lain seperti khusus memodifikasi atau mengecat motor atau mobil.

    Kemudian point kedua yaitu Tambal Ban. Sekilas kabanyakan dari kita mengaggap remeh tukang tambal ban dan penjual angin dipinggir jalan raya. Namun jika kamu pernah observasi dan amati khususnya dikota-kota besar, pendapatannya jelas hampir 2x lipat dari UMR. Itu pun pengelolaan dengan teknik pengelolaan tradisional. Bayangkan jika dikelola dengn baik dan inovatif, misalkan menggunakan sentuhan IT. Seperti Tukang tambal ban online, yang siap melayani dimana saja ketika terjadi masalah kendaraan. Konsepnya mirip gojek namun lebih ditekankan pada pelayanan jasa service saja.

    Tips pada Bisnis atau Usaha Jasa Otomotif atau Bengkel Tambal Ban adalah pada keramahan, kebersihan, dan kualitas layanan produk. Keramahan terkait dengan kelemahan dari umumnya bengkel-bengkel tradisional yang biasanya selalu jutek ketika konsumen datang, terkadang terkesan mengabaikan lebih memilih mengerjakan yang lain. Berbeda dengan bengkel-bengkel yang sudah tersistem dengan baik. Oleh karenanya keramahan harus menjadi salah satu prioritas utama. Kemudian setelah ramah, disusul dengan kerapihan dan kebersihan. Hal ditujukan untuk mengatasi masalah citra klasik bahwa bengkel identik dengan kotor dan tidak nyaman.

    Kemudian yang terakhir adalah kualitas produk. Pastikan hasil pekerjaanmu bergaransi oke. Jangan sampai berprinsi “ah sudahlah ngerjainnya asal-asal saja biar rusak dan datang lagi.” Prinsip ini sungguh sangat salah, dan sangat berbahaya untuk kelangsungan bisnis dimasa mendatang. Semakin bagus kamu memberikan service memuaskan, maka konsumen akan semakin banyak mempromosikan bisnismu kepada orang sekitarnya. Kemudian hal yang paling penting adalah konsumen akan menaruh kepercayaan tinggi.

    BACA JUGA : SPIRITUAL COMPANY KEPEMIMPINAN

    17. Usaha Jasa Les Privat

    Bisnis ini selain berorientiasi kepada uang ada sisi lain yang perlu diperhatikan. Bisnis usaha jasa les privat merupakan pekerjaan mulia, sebab mencerdaskan bangsa. Usaha jasa ini menggiurkan sebab dari segi level tingkat dasar hingga menengah atas memerlukan jasa les sebagai bahan tambahan ajaran. Les Privat tidak hanya dalam bentuk pelajaran sekolah, melainkan dapat juga pada ilmu lain seperti :
    • Les Privat Musik, dunia entertain sangat dinamis bahkan telah merambah sampai ke anak balita. Artinya peluang pasar membuka bisnis jasa les privat musik masih terbuka lebar.
    • Les Privat Menari, jangan anggap remeh kesenian. Seni adalah warisan berharga nenek moyang kita. Seiring perkembangan zaman dan kesadaran bangsa indonesia akan budaya asli Indonesia maka bisnis usaha jasa pivat menari terbuka luas.
    • Les Privat Bahasa, seiring perkembangan era globalisasi yang semakin gencar. Kecakapan berkomunikasi khususnya dalam bahasa asing atau bahasa internasional sangat diperlukan. Bahkan tidak sedikit pekerjaan yang mengharuskan calon pegawai untuk menguasai Bahasa Inggris. Misalkan syarat masuk di Pertamina mengharuskan toefl 500 dan banyak lainnya.

    Tips pada bisnis ini adalah jagalah kualitas ilmu dan penambahan wawasan pengetahuan. Hal ini dikarenakan modal utama bisnis ini adalah kecerdasan dan keluasan pengetahuan. Kemudian teknik mengajar dan penyampaian yang efektif tentu akan membawa perkembangan usaha jasa yang signifikan.

    18. Usaha Jasa Pijat

    Siapa sih yang ga suka dipijat? apalagi kalo kita sedang dalam kondisi lelah, uh nikmat banget tuh kalo dipijat. Rasa lelah seolah pergi, dan badan kembali fit.

    Ungkapan tersebut menggambarkan penjelasan bahwa bisnis ini sangat potensial. Bahkan jika kamu kreatif bisnis ini dapat menghasilkan penghasilan yang menjanjikan.

    Tips dalam menjalankan usaha jasa pijat ini adalah variasi produk dan kualitas pijatan. Variasi produk disini dimaksudkan agar produk yang dihasilkan tidak monoton. Misalnya pijat lelah, pijat kesleo, dan pijat kecantikan. Ingat jalankan bisnis ini dengan mematuhi aturan norma yang berlaku, tujuannya adalah untuk kebaikan jangka panjang.

    Demikian rekomendasi peluang Usaha Jasa dengan potensi terbaik. Apapun yang akan dijalan, kunci utamanya adalah Konsistensi dan Kerja Keras. Kemudian hal yang perlu kami ingatkan adalah seperti banyaknya orang sukses di Dunia ini mereka selalu berprinsip memberi tidak akan membuatmu miskin.

    Semoga bermanfaat, silahkan share agar membawa kebaikan bagi orang lain.

    Oleh : Zaenal Mustopa S.E

    BACA JUGA : 10 CIRI-CIRI KARYAWAN BERMASALAH DAN CARA MENGATASINYA !