• Contact us
  • Disclaimer
  • Privacy Policy
  • Langganan Artikel Gratis
  • 5 CARA MEMBANGUN BISNIS KULINER RUMAHAN DENGAN KEUNTUNGAN BESAR !

    ZaenalBook : Bisnis Kuliner Rumahan

    Pada dasarnya bisnis itu tercipta atas dasar adanya sebuah kebutuhan manusia. Dimana seorang pengusaha akan memandang lain atas sebuah masalah, kemudian masalah tersebut diolah dan dipahami hingga lahirlah sebuah peluang bisnis. Peluang ini dieksekusi sehingga lahirlah sebuah bisnis yang pada intinya adalah pemenuhan atas masalah yang dihadapi manusia dengan mengambil selisih nominal keuntungan.

    Sudah dipahami dan tentu sering kita dengar akan klasifikasi kebutuhan manusia secara mendasar. Dulu ketika SD mungkin kita sering mendengar istilah Kebutuhan Pokok, Sekunder dan Tersier. Kebutuhan pokok didasarkan pada Kebutuhan Sandang, Pangan dan Papan. Sedangkan sekunder adalah kebutuhan yang sifatnya tambahan. Artinya misalkan tidak dipenuhi tidak akan berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup manusia. Kemudian kebutuhan tersier lebih diatas lagi, yaitu lebih dititik beratkan pada aktualisasi diri atau prestise seseorang.

    Berdasarkan hal diatas apabila kita jeli melihat keadaan tersebut tentu ini adalah sebuah peluang besar. Kita ambil saja kebutuhan Primer atau dasar dari Pangan. Pangan disini diartikan makanan, seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi kebutuhan ini melahirkan variasi-variasi produk. Mulai dari makanan yang sifatnya untuk benar-benar pemenuhan makanan (keberlangsungan hidup) hingga makanan yang sifatnya untuk gengsi, prestise atau aktualisasi diri.

    Sejak beberapa dekade maraknya pergeseran zaman digital, orang lebih ingin dimanjakan atau dimudahkan dalam segala hal. termasuk dalam segi pemenuhan makanan. Orang lebih akan tertarik dengan hal simpel, enak dan cepat. Artinya ini peluang besar untuk mendirikan sebuah bisnis kuliner dengan tanpa ribet harus terpatok kepada tempat strategis. Cukup dengan bermodal teknologi dan prinsip dasar dalam bisnis kuliner (enak dan terjangkau).

    Kamu dapat melakukan penawaran kepada lembaga-lembaga atau organisasi-organisasi disekitar kota Anda. Ingat dalam sebuah perusahaan atau organisasi pasti ada rapat, event dan acara-acara tertentu yang sifatnya membutuhkan konsumsi makanan dalam bentuk tersaji dalam kemasan simple dan enak. Bahkan jika kamu hidup didesa sekalipun, kamu bisa menawarkan bisnis ini kepada instansi-instansi seperti kantor kelurahan, sekolah-sekolah dan lain sebagainya. Bisnis ini tidak ada matinya selama kualitas pelayanan dan rasa tetap terjaga.

    Berikut dibawah ini adalah salah satu referensi dalam membangun bisnis kuliner rumahan dengan keuntungan besar.

    • Produk Berkualitas, Ingat bisnis kuliner nyawa utamanya terletak pada kualitas rasa. Apalagi seiring kemajuan perkembangan tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia yang lebih mementingkan kualitas tanpa melihat Harga. Artinya maksimalkan pada kualitas masakan, agar konsumen benar-benar puas akan produk makanan kita.
         Kemudian untuk referensi jenis produk, antara lain :
    1. Snack atau Makanan Ringan
    2. Nasi Box untuk Konsumsi berat
    3. Minuman/Sup Buah/Minuman Racikan
    Kemudian dikarenakan sistemnya take away atau tidak dikonsumsi ditempat alias dikemas. Artinya pastikan kemasan harus memuat fungsi savety dan bernilai estetika tinggi atau tampilan menarik. 

    • Pemasaran, Kunci utama dalam memasarkan bisnis kuliner adalah istilah mulut kemulut dan karena ini sifatnya bisnis rumahan maka kerjasama dengan instansi-instansi adalah solusi penting dalam pemasaran produk. Maksud mulut kemulut disini adalah ketika makananmu enak, maka banyak orang akan merekomendasikan makanan tersebut kepada orang lain. Bahkan konsumen yang puas akan menceritakan secara detail kepada orang-orang disekitarnya. Selain itu publikasi dan pemasaran secara online pun harus dilakukan secara maksimal. Manfaatkan tekonlogi seperti sosial media dan beberapa market place guna menunjang optimalnya pemasaran bisnis kamu. Bidik dan targetkan sesuai segemen pasar yang ingin dituju, sesuai dengan kemampuan perusahaan. Misal kapasitas produksi hanya mampu 500 box dalam sehari kamu justru menawarkan ke pabrik yang membutuhkan konsumsi sehari 5000 box. Meski itu peluang namun kamu harus melakukan persiapan secara matang dan detail. Jalin Kerja sama dengan Go-Food, sebab sampai dengan saat ini mitra bisnis kuliner ini cukup diminati banyak konsumen.Jadi apa salahnya jika kita bekerja sama toh sama sama menguntungkan.

    • Harga, Jika kamu bingung menentukan harga jual. Pada postingan sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana sih menentukan harga jual yang benar dan pas. Klik link ini : 4 CARA MENENTUKAN HARGA JUAL YANG BENAR  

    • Keuangan, Lakukan manajemen pembukuan dan pengelolaan keuangan yang benar. Sesuaikan dengan standar akuntansi. Jika bingung minimal yang harus dilakukan adalah 1.) Pisahkan Keuangan usaha dengan keuangan keluarga atau pribadi. 2.) Buat buku pencatatan keluar masuknya uang, prinisipnya pemasukan harus lebih besar daripada pengeluaran. 3. Lakukan evaluasi rutin baik mingguan maupun bulanan.

    • Pengelolaan SDM, Pastikan dengan adanya bisnis ini tidak mengganggu keharmonisan keluarga Anda. Prinsip dasarnya adalah itu, libatkan keluarga atau orang-orang terpercaya untuk membantu dalam pengelolaan usaha ini.
     Demikian mengenai dasar membangun bisnis kuliner rumahan. Tunggu postingan pembahasan lebih mendalam mengenai bisnis kuliner Rumahan. Silahkan share jika bermanfaat.

    Oleh : Zaenal Mustopa S.E