https://developers.facebook.com/tools/debug/sharing PENJELASAN ILMIAH MENYAMBUNG SILATURAHMI MENAMBAH REZEKI - PARETO HIDUP

PENJELASAN ILMIAH MENYAMBUNG SILATURAHMI MENAMBAH REZEKI




Pada dasarnya seringkali kita mendengar istilah seperti judul diatas. Ya, “Silaturahmi Menambah Rejeki” Kata mungkin sangat familiar, namun pernah ga sih dari kita memahami secara mendalam korelasi antara Silaturahmi dan Rejeki? Apa makna dibalik kedua kata tersebut? Nah pada kesempatan  kali ini mari kita bahas untuk memperkuat keyakinan kita akan hal tersebut.
Sebelum membahas mendalam coba kita tentang silaturahmi. Kemudian utnuk mempermudah kita memahami makna silaturahmi kita perhatikan beberapa unsur yang ada dalam silaturahmi, adapun unsur dari silaturahmi antara lain :

  • ·         Silaturahmi terdiri minimal 2 orang.

  • ·         Ada pokok pembahasan dan Proses Komunikasi

Berdasarkan unsur pertama bahwasannya silaturahmi terdiri minimal 2 orang artinya dengan silaturahmi akan bertemu dengan orang lain, menambah relasi, memperkuat jaringan relasi, memperkuat rasa kekeluargaan bahkan menumbuhkan rasa empati atas kedua belah pihak, menumbukan rasa saling percaya. Dalam sebuah bisnis relasi tentu menjadi salah satu faktor penting untuk mengembangkan bisnis. Selain itu rasa saling percaya dapat mempermudah operasional pengembangan bisnis. Sedangkan rasa empati dan kekeluargaan akan berkorelasi kepada hubungan interpersonal, hal ini tentu akan menjadi investasi besar untuk jangka panjang.
Kemudian unsur kedua adalah adanya pembahasan dan proses komunikasi. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, namanya silaturahmi tentu bertemu dan ngobrol kesana kemari membahas banyak hal. Baik disadari maupun tidak, pembahasan dalam sebuah silaturahmi akan menghasilkan pertukaran informasi. Baik informasi yang sifatnya berkaitan dengan bisnis maupun tidak, yang terpenting disini adalah adanya tambahan input wawasan, informasi, dan pengembangan cara kita berkomunikasi. Hal ini tentu akan menjadi modal penting dalam kehidupan dimasa mendatang. Selain itu untuk diperhatikan, ketika menjalin silaturahmi Jangan sekali-kali berorientasi kepada kesombongan atau ajang pamer atas apa yang kita miliki, apa yang kita pakai, atau atas bagaimana jabatan kita. Hal itu akan membuat hilang esensi dari silaturahmi.
Selanjutnya kita bahas tentang rejeki, untuk mempermudah pemahaman atas rejeki tentunya kita harus mengetahui apa sih yang dikatakan rejeki? Hakikat rejeki menurut pemahaman penulis atas beberapa referensi, rejeki itu tidak hanya berfokus pada uang. Sungguh sangat sempit sekali apabila kita merasa dan memahami bahwa rejeki itu adalah uang. Rejeki itu dapat berupa berbagai hal dan berikut jenis-jenis rejeki :

  • ·         Informasi, contoh informasi lowongan pekerjaan, informasi sumber bahan baku, informasi tata cara membuat sesuatu, informasi penggunaan akan suatu alat, informasi tempat membeli barang grosir, dan lain sebagainya. (Jangan menyepelekan rejeki berupa informasi sebab informasi sangat penting peranannya dalam bisnis maupun dalam kehidupan sehari-hari).

  • ·         Barang, rejeki ini tentu mudah kita pahami sebab kasat mata dan jelas. Misalnya, diberi baju baru, motor, Handphone, kursi, tas, meja, pulpen dan lain sebagainya dimulai dari hal kecil maupun barang besar baik dari sisi wujud maupun nilai.

  • ·         Materi/Uang. Rejeki ini sangat familiar, bahkan banyak yang skeptis bahwa rejeki itu ya ini. Materi disini lebih diorientasikan pada nilai, misal emas, deposito, saham, reksadana, obligasi, ori atau jenis harta lainnya.

  • ·         Sehat. Rejeki ini adalah rejeki yang sering kita lupakan dan diabaikan. Padahal tanpa hal ini, kita tidak dapat produktif untuk melakukan banyak hal.
BACA JUGA : 5 CARA MUDAH MEMULAI BISNIS ONLINE SUKSES UNTUK PEMULA.

Nah berdasarkan uraian diatas, kita tentu mulai terbayang korelasi antara Silaturahmi dan Rezeki. Kemudian untuk menambah keyakinan akan hal tersebut, berikut dibawah ini adalah landasan hukum mengenai silaturahmi dan rezeki.

Siapa saja yang gemar menjalin silaturahmi dan memelihara silaturahmi, maka Allah SWT akan menambah rejeki dan keberkahan bagi hamba-Nya. Hal ini didasarkan pada beberapa Dalil, antara lain :
“Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kami saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.” (QS. An-Nisa[4]:1).

Selain itu ada juga dasar yang bersumber dari Hadist :

Abdulah bin Umar ra., erkata bahwa Rasulullah saw., bersabda : “(Pahala) silaturahmi itu ditangguhkan di surga, tidaklah yang dinamakan silaturahmi itu orang yang apabila dikunjungi kemudian ia membalas kunjungannya. Akan tetapi, (yang dinamakan silaturahmi itu) adalah jika orang lain memutuskan silaturahmi kepadanya, ia tetap menjalin silaturahmi.”(HR. Bukhari)”

Pustaka : Maulana Asep, 2013. Agar Dimudahkan Rezeki. Penerbit PT Elex Media Koputindo, Jakarta.

JANGAN LUPA SHARE UNTUK KEBAIKAN BERSAMA...

FAKTA DASAR YANG HARUS KAMU TAU TENTANG BURSA EFEK INDONESIA

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel